Thursday, October 22, 2020
Home > Berita > Penyeberangan Merak-Bakauheni Kembali Dibuka, Penumpang Wajib Pakai Masker

Penyeberangan Merak-Bakauheni Kembali Dibuka, Penumpang Wajib Pakai Masker

Pelabuhan Merak.

MIMBAR-RAKYAT.Com (Merak) – Penyeberangan Pelabuhan Merak – Bakauheni kembali dibuka. Namun demikian, otoritas pelabuhan memerintahkan pengelola pelabuhan dan operator penyeberangan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Kepala BPTD Wilayah VIII Banten, Nurhadi, mengatakan pihaknya telah mengeluarkan surat pemberlakuan protokol kesehatan di pelabuhan dan kapal feri.

“Untuk pelabuhan kita ya kondisi normal lagi tapi dengan kondisi protokol kesehatan. Jadi saya sudah keluarkan surat (kepada) operator pelabuhan, operator kapal penyeberangan untuk new normal ini mematuhi protokol kesehatan sebagaimana yang sudah diatur,” ujar Nurhadi, Senin (8/6).

Nurhadi meminta bagi pengelola kapal penyeberangan agar bisa menerapkan protokol kesehatan dari petunjuk teknis kementerian.

“Misalnya, di dalam kapal terdapat kantin. Pihak kapal harus mematuhi protokol kesehatan yang ditetapkan oleh kementerian terkait. Jadi ngikutin teknis, temen-temen yang melakukan pengendalian juga nggak berbenturan dengan temen-temen yang di lapangan karena tinggal centang-centang aja, ini udah dilakukan apa belum,” katanya.

Nurhadi mengungkapkan, otoritas pelabuhan telah menerjunkan petugas untuk mengawasi pelaksanaan protokol kesehatan, baik di dalam pelabuhan maupun kapal.

“Mulai hari ini kami melakukan pengawasan dijalankan nggak protokol kesehatan itu,” katanya.

Nurhadi menegaskan, bagi penumpang kapal yang akan menyeberang wajib menggunakan masker dan dalam kondisi sehat.

“Yang penting pakai masker, tidak batuk tidak pilek tidak demam, suhu tubuh kan diperiksa, jaga jarak harus ngikutin aturan harus ngikutin petugas karena di pelabuhan juga ada petugas yang melakukan pemantauan pelaksanaan protokol kesehatan Covid-19,” ujarnya. (M/d)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru