Wednesday, September 22, 2021
Home > Berita > Pemerintah Bantah Uji Sampel Corona Libur saat Lebaran

Pemerintah Bantah Uji Sampel Corona Libur saat Lebaran

MIMBAR-RAKYAT.Com (Jakarta) – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) membantah kabar bahwa uji sampel terkait virus corona (Covid-19) diliburkan pada 20-26 Mei 2020 dalam kaitan hari raya Idulfitri. Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes Achmad Yurianto memastikan kabar yang beredar di media sosial itu tidak benar.

“Saya cek kebenaran surat ini. Instruksi saya jelas tidak ada hari libur dalam penanganan Covid-19,” kata Yurianto lewat pesan singkat, Sabtu (16/5).

Dalam surat yang beredar di media sosial, disebutkan Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) akan libur dalam rangka Idul Fitri.

Karenanya, tulis surat tersebut, penerimaan sampel paling lambat dilakukan pada 20 Mei pukul 12.00 WIB. Pengujian sampel akan dilakukan lagi pada 26 Mei 2020, tulis surat tersebut.

Surat itu tertanggal 15 Mei 2020 lengkao dengan kop surat BBTKLPP. Di bagian bawah surat, terdapat nama Nuning Nugrahani dan stempel Kemenkes.

“Virus enggak kenal warna, dan RS tidak mengenal libur,” tegas Yurianto membantah surat tersebut.

Hingga Jumat (15/5), Kemenkes mencatat telah ada 178.602 spesimen yang diuji laboratorium terkait dengan penyebaran virus corona. Jumlah itu berasal dari 132.060 orang pasien.

Pada Sabtu (16/5), telah ada 16.496 kasus positif corona di Indonesia. Sebanyak 1.076 orang telah meninggal dunia, sedangkan 3.803 orang lainnya sembuh. (C/d)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru