Thursday, October 29, 2020
Home > Berita > Pembenahan Jalan Thamrin-Sudirman Jakarta, Nantinya Trotoar Tidak Ada Pohon Diganti Kanopi

Pembenahan Jalan Thamrin-Sudirman Jakarta, Nantinya Trotoar Tidak Ada Pohon Diganti Kanopi

Bunderan Hotel Indonesia. (ist)

MIMBAR-RAKYAT.Com (Jakarta) – Jalan Thamrin dan Sudirman Jakarta mulai dibenahi. Nantinya di trotoar tidak ada lagi pohon tapi diganti kanopi.

Pemprov DKI Jakarta mulai memangkas sejumlah pohon di sepanjang Jalan MH Thamrin–Sudirman. Rencananya, sebanyak 1.670 pohon pelindung di marka jalan protokol tersebut ada yang dipindah maupun ditebang karena terdampak proyek pelebaran jalan.

Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta, Yusmada Faisal mengatakan, proyek pelebaran di Jalan MH Thamrin–Sudirman akan diawali dengan penebangan maupun pemindahan pohon pelindung yang berdiri di antara jalur cepat dan jalur lambat.

“Jumlah pohon yang terdampak dalam proyek ini sebanyak 1.670 pohon,” katanya, Jumat (29/9).
Pohon yang bisa diselamatkan akan dipindah ke sejumlah tempat antara lain Taman BMW dan RPTRA Kalijodo.

“Pohon yang bisa dipindah, saat ini sebagian sudah mulai ditoping. Sedangkan pohon yang tak bisa diselamatkan terpaksa ditebang habis. Sejak beberapa hari ini sudah mulai ditoping oleh Dinas Kehutanan,” ujar Yusmada sambil menambahkan bahwa pohon yang bisa dipindahkan jumlahnya sekitar 530 pohon.

Menurutnya, pohon yang berada di median pemisah jalur cepat dan lambat, sepanjang 6,3 kilometer, akan dibersihkan dari lokasi karena untuk pelebaran jalan. “Nantinya, trotoar yang tidak ada pohonnya akan dibangun kanopi untuk pelindung hujan maupun panas,” tambah Yusmada kepada wartawan. (joh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru