Friday, November 27, 2020
Home > Berita > Pemahaman taktik pemain U-16 berkembang di lapangan

Pemahaman taktik pemain U-16 berkembang di lapangan

Keterangan foto - Timnas U-16 dalam TC semakin meningkat permainan dan taktiknya. (pssi)

Mimbar-Rakyat.com (Jakarta) – Permainan dan taktik kerja sama di lapangan para pemain tim nasional U-16 kini meningkat dan jauh lebih baik dibanding pemusatan latihan sebelumnya.

“Banyak peningkatannya. Hubungan antarpemain terjalin bagus.  Daya tahan fisik mereka semakin meningkat dan yang pasti pemahaman taktik yang kita berikan selama ini, sudah bisa mereka terapkan dalam latihan maupun dalam pertandingan” kata pelatih Bima Sakti Tukiman.

Pemusatan latihan yang berlangsung sejak Minggu (20/9/2020) dinilai Bima tidak mengalami kendala berarti, meski pemusatan latihan digelar di tengah pandemi Covid-19.

Tim Nasional Indonesia U-16 terus melanjutkan pemusatan latihan (TC) di Stadion Wibawa Mukti Cikarang, Kabupaten Bekasi, sejak Juli. Rencananya, tim ini akan mengakhiri TC pada Oktober 2020.

“Alhamdulilah kami sudah melakukan TC Juli dan Agustus, seperti arahan oleh Ketua Umum Mochamad Iriawan.  Kami selalu menjaga protokol kesehatan. Ada beberapa pemain baru yang bergabung, namun kami selalu mendapat pengarahan dari tim dokter, untuk mengetahui hal-hal apa yang perlu kita jaga dalam pemusatan latihan,” kata Bima.

“Kami lanjut pemusatan latihan dengan pemain yang ada saat ini, dan sejauh ini mereka tetap memiliki motivasi tinggi untuk terus berlatih mengasah ilmu sepak bolanya,” sambungnya, seperti dilansir dalam laman pssi.org.

Bima menjelaskan, timnas U-16 itu tidak melakukan uji coba lokal, mengingat situasi pandemi yang makin meningkat saat ini.

“Untuk itu, tim hanya melakukan uji coba internal dengan sesama pemain dalam tim ini. Hal itu untuk menyiasati tidak adanya uji coba lokal. Ini terasa baik dari tidak ada masalah,” kata Bima.

Timnas U-16 dipersiapkan untuk menghadapi Piala AFC U-16 2020 yang rencananya akan digelar pada awal 2021.

Alexandro Felix Kamuru dan kawan-kawan berada di Grup D bersama Jepang, Arab Saudi, dan China. Empat tim semi final Piala AFC U-16 2020 akan lolos ke Piala Dunia U-17 2021 mendatang di Peru.

Indonesia merupakan satu-satunya negara dari ASEAN yang tampil pada salah satu turnamen usia muda Asia bergengsi dua tahunan tersebut. (arl)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru