Friday, April 19, 2024
Home > Berita > LSI Denny JA: Prabowo-Gibran Unggul Jauh dari Ganjar-Mahfud dan AMIN, Masing-masing 40,3 Persen, 28,6 dan 20,3 Persen

LSI Denny JA: Prabowo-Gibran Unggul Jauh dari Ganjar-Mahfud dan AMIN, Masing-masing 40,3 Persen, 28,6 dan 20,3 Persen

Ilustrasi.

Mimbar-Rakyat.com (Jakarta) – Survei LSI Denny JA mencatat elektabilitas pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming tetap kokoh di posisi puncak pada periode November 2023.

Prabowo-Gibran mengungguli pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD dan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar alias Cak Imin (AMIN) dalam survei terbaru terkait Pilpres 2024.

Peneliti LSI Denny JA Adjie Al Faraby menyebut elektabilitas Prabowo-Gibran sebesar 40,3 persen. Kemudian Ganjar-Mahfud 28,6 persen dan Anies-Cak Imin 20,3 persen. Sementara yang belum/tidak menjawab sebesar 10,8 persen.

“Jika pilpres dua putaran, maka Prabowo-Gibran lolos putaran kedua, 40,3 persen. Maka pasangan lain siapa yang lolos putaran kedua? Sisa tiket Ganjar-Mahfud dan AMIN (Anies-Cak Imin). Karena selisih elektabilitas keduanya di bawah 10 persen atau tak lebih dua digit,” kata Adjie dalam konferensi pers, di Jakarta, Senin (20/11).

Adjie menjelaskan tren elektabilitas Prabowo-Gibran makin menjauh meninggalkan pasangan Ganjar-Mahfud sepanjang September sampai November 2023.

Prabowo-Gibran misalnya pada bulan September lalu memiliki elektabilitas 39,3 persen. Kemudian naik menjadi 40,3 persen pada bulan ini.

Sementara Ganjar-Mahfud memiliki elektabilitas 36,9 persen pada September. Elektabilitasnya terjun bebas menjadi 28,6 persen saat ini.

Sedangkan pasangan Anies-Cak Imin sekitar 8,8 persen pada hasil survei LSI Denny JA pada dua bulan lalu. Kini elektabilitas mereka naik menjadi 20,3 persen.

“Ganjar-Mahfud sekarang turun jauh hanya 28,6 persen. Dari data ini Prabowo-Gibran hampir dua digit selisih dari pasangan terdekatnya yakni Ganjar-Mahfud. Dan Ganjar-Mahfud alami penurunan begitu jauh. Dan AMIN cenderung kenaikan,” katanya.

Survei ini dilakukan pada 6-13 November 2023 terhadap 1.200 responden dengan metode multistage random sampling dan margin of error kurang lebih 2,9 persen.

Dalam survei Indonesia Political Opinion (IPO) yang digelar di bulan November 2023 ini, Prabowo-Gibran berada di posisi puncak dengan elektabilitas 36,2 persen.

Sementara pasangan Anies-Cak Imin meraih 34,1 persen dan Ganjar-Mahfud hanya sebesar 27,1 persen.

Hasil survei lainnya, Populi Center mencatat Prabowo-Gibran unggul dengan perolehan 43,1 persen disusul Ganjar-Mahfud 23 persen, dan Anies-Cak Imin dengan 22,3 persen. (ds/sumber CNNIndonesia.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru