Saturday, October 31, 2020
Home > Berita > Lima Investor Asing Siap Menanamkan Modal di Garut

Lima Investor Asing Siap Menanamkan Modal di Garut

Bupati Garut Ruddy Gunawan. (Yat)

MIMBAR-RAKYAT.com (Garut) – Sudah lima investor asing siap menanamkan modalnya di Garut, kata Bupati Garut, Rudy Gunawan.

“Kita sudah menjalin komunikasi dengan kelima investor itu,” kata Bupati, Rabu, dengan menambahkan para pengusaha tersebut bergerak di bidang pembuatan sepatu berlabel luar negeri.

Mereka siap membangun pabrik yang  berskala besar di wilayah Kecamatan Cibatu, Selaawi dan Limbangan dan di antara investor itu berniat mendirikan pabrik di atas lahan seluas 50 hektar.

Namun, kata bupati, pihaknya belum merespon, karena menunggu keputusan dari pemerintah pusat, terkait revisi Peraturan Daerah (Perda) Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW).
“Sebab dalam Perda No 29 Tahun 2011, belum terakomodir ruang kawasan industri. Untuk itu bupati masih menunggu keputusan dari pemerintah pusat. Apakah  disetujui atau tidak,” katanya.

Bupati Garut menegaskan, Pemda rencananya bakal menjadikan lima wilayah untuk kawasan industr yaitu  Kecamatan Cibatu, Leles, Balubur Limbangan, Malangbong dan Kecamatan Selaawi.

Namun berdasarkan pertimbangan tim yang melakukan kajian, satu diantaranya (Malangbong) dibatalkan, sebab Malangbong termasuk kategori daerah yang memiliki dataran tinggi.

Bupati menjelaskan, dengan dijadikannya empat wilayah sebagai kawasan industri, maka angka pengangguran di Kabupaten Garut diharapkan akan berkurang.  (Yat.R/KB)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru