Tuesday, April 13, 2021
Home > Cerita > Kayu Manis Bisa Meningkatkan Imunitas dan Kesehatan Jantung

Kayu Manis Bisa Meningkatkan Imunitas dan Kesehatan Jantung

Kayu Manis.

Mimbar-Rakyat.com (Jakarta) – Kayu manis merupakan salah satu jenis rempah-rempah yang banyak ditemukan di Indonesia. Ternyata memiliki banyak manfaat untuk tubuh bahkan kecantikan.

Untuk urusan dapur, manfaat rempah satu ini memang sudah tak diragukan lagi. Selain bisa membuat masakan jadi lebih lezat, ternyata kayu manis juga berkhasiat untuk kesehatan.

Berikut manfaat kayu manis bagi kesehatan tubuh dan kecantikan. Anda juga dapat membuat campuran kayu manis dengan madu.

1. Mendukung Kesehatan Otak

Manfaat kayu manis yang pertama ialah untuk mendukung kesehatan otak. Dikutip dari Draxe, sebuah penelitian menyatakan bahwa kandungan zat antioksidan di dalam kayu manis akan mengaktifkan protein pelindung saraf yang melindungi sel-sel otak dari mutasi dan kerusakan stres oksidatif.

Sehingga penyakit dengan gangguan neurologis seperti penyakit Parkinson dan Alzheimer bisa dicegah. Hal ini menunjukkan bahwa kayu manis memiliki manfaat baik untuk kesehatan otak.

2. Tinggi Zat Antioksidan

Beberapa jenis antioksidan yang banyak ditemukan di dalam kayu manis adalah polifenol, asam fenolik, dan flavonoid. Zat ini memiliki banyak manfaat yaitu mengurangi kerusakan akibat radikal bebas dalam tubuh, memperlambat proses penuaan, serta mencegah stres oksidatif, termasuk memiliki kemampuan membatasi pembentukan oksida nitrat dalam peroksidasi darah dan lipid (lemak) yang bisa menimbulkan gangguan otak, penyakit kanker, hingga penyakit berbahaya lainnya.

3. Memperlancar Siklus Mentruasi

Manfaat kayu manis selanjutnya adalah memperlancar siklus menstruasi. Sebuah penelitian seperti yang dikutip dari Natural Fertility Info, konsumsi kayu manis akan mengurangi risiko wanita untuk terkena penyakit PCOS atau Polycystic Ovary Syndrome.

Penyakit ini membuat fungsi ovarium terganggu sehingga menyebabkan terjadinya ketidakseimbangan hormonal. Kayu manis berguna dalam melawan penyakit ini karena kandungan enzim phosphatidylinositol 3-kinase di dalamnya.

4. Mengatasi Peradangan pada Wajah

Sifat antibiotik dan anti mikroba yang dimiliki oleh kayu manis dapat membantu mengatasi peradangan pada wajah. Cara pengaplikasiannya cukup mudah, oleskan minyak esensial kayu manis jika kulit mengalami peradangan, nyeri, atau kemerahan. Mencampurkan kayu putih dan madu juga dapat mencegah timbulnya jerawat pada wajah.

5. Meningkatkan Imunitas

Zat antioksidan seperti polifenol dan proanthocyanidins berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Zat antioksidan inilah yang terdapat pada kayu manis. Sifat baik lain yang juga dimiliki oleh kayu manis adalah sifat anti jamur, antibakteri, dan antivirus.

6. Mengobati Infeksi Saluran Kemih

Manfaat kayu manis untuk kesehatan lainnya ialah mengobati infeksi saluran kemih. Sifat antibakteri yang telah dijelaskan di atas juga mampu untuk mengobati infeksi saluran kemih. Caranya cukup sederhana, campurkan 2 sendok makan bubuk kayu manis dan madu ke dalam segelas air hangat dan kemudian diminum secara rutin.

7. Meringankan Kram Menstruasi

Menurut National Center For Biotechnology, wanita yang tersiksa dengan kram menstruasi bisa meringankan kram yang mereka derita dengan minum air kayu manis. Hal ini disebabkan oleh sifat analgesik pada kayu manis dan anti koagulasi yang membantu mengurangi rasa nyeri. Jadi anda para perempuan dapat mencoba trik mengonsumsi kayu manis untuk meringankan rasa kram menstruasi anda.

8. Mendukung Kesehatan Jantung

Selain itu, manfaat kayu manis lainnya juga bisa diperoleh untuk menjaga kesehatan jantung. Penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi kayu manis juga berguna untuk melindungi kesehatan jantung, termasuk mencegah berbagai macam gangguan jantung lainnya seperti kadar kolesteroltinggi, tingkat trigliserida tinggi, dan tekanan darah tinggi. Penelitian ini mendasarkan pada kandungan antioksidan kayu manis yang dapat mencegah pembekuan darah. (ds/dari berbagai sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru