Friday, January 21, 2022
Home > Berita > Istri Pendiri Kompas Gramedia Tutup Usia, IKWI Berduka

Istri Pendiri Kompas Gramedia Tutup Usia, IKWI Berduka

Istri Pendiri Kompas Gramedia, Ibu Rosa Antonia Kusmardijah, tutup usia, IKWI Berduka. (pwi)

Mimbar-Rakyat.com (Jakarta) – Sosok keibuan yang dikenal sangat ramah dan rendah hati di kalangan keluarga besar Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Rosa Antonia Kusmardijah, tutup usia pada Jumat, 19 November 2021, di Rumah Sakit Pusat Pertamina, Jakarta, pada usia 86 tahun. Ia lahir di Yogyakarta 3 Februari 1935.

Ibu Rosa Antonia Kusmardijah adalah istri Pollycarpus Swantoro, salah seorang pendiri Kompas Gramedia.

Swantoro yang pernah menjadi Wakil Pemimpin Umum Harian Kompas dan Wakil Presiden Direktur Kompas Gramedia, yang telah mendahului dipanggil Tuhan pada 11 Agustus 2019.  Swantoro juga sahabat dekat pendiri Harian Kompas, Jakob Oetama.

Pada pagi hari pukul 04.38, Rosa Antonia Kusmardijah Swantoro meninggal dengan tenang. “Ibu tidak punya penyakit apa-apa, meninggal karena tua,” kata Norbertus Nuranto putra pertamanya yang dihubungi per telepon oleh Ketua PWI Peduli Pusat Mohammad Nasir, Jumat siang.

Jenazah disemayamkan di Rumah Duka Sentosa Ruang VVIP G lantai dasar, Jalan Abdul Rahman Saleh No. 24  (RSPAD), Jakarta Pusat.

Menurut rencana jenazah dimakamkan di San Diego Hills, Karawang, Jawa Barat, Sabtu, 20 November 2021.

Ketua Umum PWI Pusat Atal S. Depari dan Sekjen PWI Mirza Zulhadi, menyatakan turut berduka cita atas meninggalnya Rosa Antonia Kusmardijah,   yang selama ini ikut menghidupkan organisasi Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI).

Ibu Swantoro, – panggilan akrabnya – semasa hidup pernah aktif sebagai pengurus IKWI Pusat.  Ketika kepengurusan IKWI dipimpin oleh Ibu Harmoko,  Ibu Swantoro sudah aktif dalam kepengurusan IKWI.

Harmoko saat itu menjadi Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat tahun 1973- 1983.  (ril)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru