Thursday, July 18, 2024
Home > Berita > Hujan turun di sebagian besar wilayah provinsi

Hujan turun di sebagian besar wilayah provinsi

Masyarakaat diingatkan adanya gelombang tinggi di beberapa perairan Indonesia.(bmkg)

Mimbar-Rakyat.com (Jakarta) – Hujan dengan intensitas ringan hingga lebat diperhitungkan mengguyur sebagian besar wilayah provinsi di Indonesia pada Jumat.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan, hujan lebat berpotensi mengguyur bagian wilayah Provinsi Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur.

Hujan lebat yang dapat disertai angin kencang dan petir diprakirakan terjadi di bagian wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Maluku, dan Papua.

Bagian wilayah Provinsi Aceh, Kepulauan Riau, Banten, DKI Jakarta, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, dan Papua Barat menurut prakiraan BMKG akan menghadapi hujan dengan intensitas yang lebih ringan.

Di wilayah DKI Jakarta, hujan dengan intensitas sedang berpotensi turun di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur pada siang hari dan  hujan ringan berpeluang turun di Jakarta Barat pada siang dan malam hari serta di Jakarta Pusat, Jakarta Utara, dan Kepulauan Seribu pada malam hari.

BMKG menyatakan, Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jambi, Sumatera Selatan, Bengkulu, Lampung, Kepulauan Riau, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, dan Banten mesti mewaspadai dampak hujan lebat.

Wilayah provinsi lain yang masuk kategori waspada dampak hujan lebat menurut BMKG meliputi Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, Maluku, Papua Barat, dan Papua.  (arl)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru