Thursday, July 07, 2022
Home > Berita > Gempa dan Tsunami Hantam Selandia Baru, 2 Orang Tewas

Gempa dan Tsunami Hantam Selandia Baru, 2 Orang Tewas

Gempa bumi di Selandia Baru, peringatan tsunami! (cnn-com)

MIMBAR-RAKYAT.com  (Wellington) – Gempa berkekuatan 7,8 magnitudo dan serangkaian gempa susulan mengguncang Selandia Baru, Senin dini hari, menewaskan dua orang dan menimbulkan tsunami sehingga ribuan orang melarikan diri ke dataran yang lebih tinggi.

Gempa hebat ditambahn tsunami di Selandia Baru pada Senin (14/11) dini hari menewaskan dua orang, demikian diungkapkan Perdana Menteri John Key.

Key mengatakan sejumlah helikopter dikirim ke kawasan yang terkena dampak gempa untuk membantu warga atau korban.

Lembaga Geological Survey AS mengatakan gempa ini berkekuatan 7,8 dan mengguncang Selandia Baru hanya beberapa saat setelah lewat tengah malam waktu setempat, dengan pusat gempa sekitar 95 km dari Christchurch.

Tsunami tiba di pantai timur laut sekitar dua jam kemudian. Para pejabat mengatakan gelombang pertama bisa jadi bukan yang terbesar dan aktivitas tsunami mungkin masih akan terjadi selama beberapa jam.

Tim tanggap darurat dikirim dengan helikopter ke wilayah dekat pusat gempa, sekitar 91km utara timurlaut Christchurch di South Island, ditengah laporan cedera dan bangunan-bangunan runtuh, seperti dilaporkan Reuters.

Listrik padam dan saluran telepon terputus di banyak daerah di negeri itu, jalan-jalan tertutup longsor, dan Departemen Pertahanan Sipil memperingatkan bahwa gelombang hingga lima meter diperhitungkan tetap menjadi risiko untuk beberapa jam.

“Gelombang pertama telah tiba, tapi kami tahu bahwa itu terlalu dini untuk mengatakan dampak (gempa) telah telah terjadi,” kata Sarah Stuart-Black, dari Kementerian Pertahanan Sipil.

“Kekhawatiran kami adalah apa yang akan terjadi. Gelombang yang akan datang selanjutnya mungkin lebih besar dari apa yang datang sebelumnya,” katanya seperti dilansir antaranews.

Gempa pertama, berpusat hanya pada kedalaman 15km, melanda negara kepulauan itu setelah tengah malam, menyentak banyak dari mereka yang sedang tidur dan mengingatkan kembali gempa 6,3 magnitudo Christchurch pada 2011, yang menewaskan 185 orang.

Geonet Selandia baru mengukur gempa pada Senin dinihari ini berkekuatan 7,6 mangnitudo.

Di Wellington, terjadi kemacetan di jalan-jalan menuju Gunung Victoria ketika banyak warga berbondong-bondong untuk menyelamatkan diri ke dataran tinggi.

Di Christchurh, di mana sirene tsunami terus berbunyi sebentar-sebentar, tiga pusat evakuasi disiapkan untuk menerima pengungsi.

Polisi telah menyiapkan penghalang untuk mencegah orang kembali ke daerah-daerah pantai, demikian dilaporkan berbagai media.  (AN/KB)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru