Tuesday, September 22, 2020
Home > Berita > Gas LPG 3 kg mulai langka di Garut

Gas LPG 3 kg mulai langka di Garut

Gas tiga kilogram mulai langka di Garut. (yat)

MIMBAR-RAKYAT.com (Garut) – Mendekati Hari Raya Idul Fitri, gas LPG ukuran tiga kilogram mulai langka di Kabupaten Garut, membuat masyarakat mengeluh.

Kalaupun ada, namun harganya cukup mahal mencapai Rp 35.000/ tabung, seperti terdapat di Kecamatan Caringin,

Kelangkaan gas 3 Kg ini sudah terjadi sejak menjelang bulan Romadhon, kata Camat Caringin, Drs. Engkos, Jumat.

Menurut Engkos, seharusnya pemerintah membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan LPG 3 Kg.

”Paling tidak menambah pasokan, sebab kebutuhan LPG di bulan puasa ini cenderung lebih meningkat dibanding bulan bulan biasa. Apalagi kalau pemerintah sampai melakukan Operasi Pasar ke stiap pelosok daerah. Itu jelas akan sangat membantu warga,” katanya.

Hal senada diungkapkan salah seorang tokoh masyarakat Kecamatan Cihurip, Muhtar, M.pd. Menurutnya, masyarakat Cihurip tengah kesulitan mendapatkan LPG 3 Kg dan walaupun ada, harganya sangat memberatkan masyarakat, yakni Rp 35.000/tabung.

Itu pun stok nya sangat terbatas sekali. Untuk itu Muhtar meminta DPRD dan Pemerintah untuk segera turun tangan, membantu kesulitan yang tngah dihadapi masyarakatnya.

Menurut Muhtar, harga Rp 35.000/ tabung adalah harga di warung eceran sementara di kecamatan Cihurip, jarak dari rumah ke warung cukup jauh, sehingga masyarakat harus menambah beban, biaya ongkos ojeg.

“Sehingga kalau ditambah ongkos Ojeg, harganya bisa lebih membengkak hingga Rp 40.000 sampai Rp 50.000/ tabungnya,” katanya.

Begitu pula di kecamatan Cisompet, kelangkaan terjadi sejak awal bulan puasa.  Bahkan sampai kini ,gas LPG 3 Kg keberadaanya seperti misteri saja. Sebab hampir di semua pengecer tidak ada, alasanya tidak ada pengiriman.  (yat/kb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru