Wednesday, May 22, 2024
Home > Berita > Debat Terbuka Bacapres Prabowo, Ganjar dan Anies Digelar BEM UI pada 14 September 2023

Debat Terbuka Bacapres Prabowo, Ganjar dan Anies Digelar BEM UI pada 14 September 2023

ilustrasi

Mimbar-Rakyat.com (Jakarta) – Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI) berencana menggelar debat terbuka bagi bakal capres Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan pada 14 September 2023 mendatang.

Hal ini disampaikan Ketua BEM UI, Melki Sedek Huang lewat story di akun Instagramnya, @melkisedekhuang pada Rabu (23/8/20203).

“Sampai jumpa di UI 14 September nanti!” tulis Melki di akun Instagramnya, dikutip Rabu (23/8/2023).

Melki menambahkan, BEM UI juga akan mengirimkan undangan resmi kepada masing-masing bakal capres, yakni Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan.

“Undangan resmi akan kami kirimkan ke masing-masing alamat mulai besok!” tambah Melki.

Sebelumnya, Ketua BEM UI Melki Sedek Huang mengumumkan tantangan debat terbuka bagi bakal calon presiden 2024. Ada tiga nama yang digadang-gadang maju sebagai bakal capres, mereka adalah Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan.

Melki berpendapat, kampanye yang dilakukan saat ini sudah sangat membosankan. Menurutnya, generasi muda sudah bosan melihat banyak kampanye minim substansi dan lip service semata.

“Silakan Datang ke UI Jika Berani! Jika melihat Putusan MK yang tengah diperbincangkan tersebut, tak ada satu pun frasa dalamnya yang menyebutkan memperbolehkan kampanye di kampus, melainkan disebutkan bahwa institusi pendidikan diperbolehkan untuk mengundang para calon dengan tidak membawa atribut dan alat peraga,” kata Melki dikutip dari merdeka.com, Selasa (22/8/2023).

“Apalagi jika ditambah dengan permainan identitas dan pencitraan yang tak perlu,” ucap Melki.

BEM UI, kata Melki, siap menyampaikan aspirasi dan berdebat dengan pada bakal capres. Melki mengaku, tidak mau masa depan bangsa digantungkan pada calon pemimpin yang hanya berfokus pada kampanye, pencitraan, dan lip service.

“Kami butuh pemimpin yang cerdas dan berpihak untuk rakyat banyak,” tutupnya.

Ketiga bakal capres yakni Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan menerima tantangan debat terbuka dari BEM UI.

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto meyakini bakal calon presiden (capres) Ganjar Pranowo tidak masalah dengan ajakan debat para bacapres yang akan digelar oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI).

Hasto mengatakan, Ganjar telah terbiasa melakukan debat saat mencalonkan diri sebagai Gubernur Jawa Tengah.

“Tidak ada persoalan buat Pak Ganjar Pranowo untuk menjadi gubernur beliau harus mengikuti debat ya juga di KPUD. Maka persolan debat itu tidak menjadi persoalan tertentu,” jelas Hasto kepada wartawan di Kota Yogyakarta, Selasa 22 Agustus 2023.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Habiburokhman menilai bagus, terkait usulan debat terbuka bakal capres 2024. Kegiatan ini diusulkan Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI).

“Bagus, bagus sekali sebetulnya. Pak Prabowo siap dan kita timnya Pak Prabowo juga siap,” kata Habiburokhman kepada wartawan di Gedung Parlemen Jakarta, Selasa 22 Agustus 2023.

Hal yang sama juga disampaikan bakal calon presiden dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan, Anies Baswedan. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menerima tantangan debat yang dilayangkan BEM UI.

Hal ini disampaikan Anies di akun Twitternya @aniesbaswedan pada Senin 21 Agustus 2023 kemarin. Anies menanyakan kapan debat terbuka tersebut digelar.

“Yuk, kapan?” tulis Anies di akun Twitternya @aniesbaswedan, dikutip Selasa (22/9/2023).

Sedangkan di akun Instagramnya, @aniesbaswedan, Anies juga siap menerima undangan dari BEM UI perihal tantangan debat tersebut.

“Siap menerima undangan…” tulis akun Instagarm @aniesbaswedan. (ds/sumber Liputan6.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru