Wednesday, February 24, 2021
Home > Berita > Bekasi Raya > Daftar Tunggu Calon Haji Kabupaten Bekasi Capai 24 Tahun

Daftar Tunggu Calon Haji Kabupaten Bekasi Capai 24 Tahun

H. Sukardi, Kasie Penyelenggara Haji dan Umrah Kabupaten Bekasi. (agus)

Mimbar-Rakyat.com ( Cikarang Pusat) – Kebijakan Pemerintah Arab Saudi yang menutup ibadah haji pada 2020 berdampak pada semakin bertambahnya daftar tunggu (waiting list) jemaah haji di daerah, termasuk di Kabupaten Bekasi.

“Sekarang daftar tunggu ibadah haji di Kabupaten Bekasi mencapai 24 tahun. Artinya, calon jemaah yang daftar sekarang, baru bisa berangkat haji 24 tahun kemudian,” ujar Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah Kabupaten Bekasi, H.Sukardi,  Selasa (26/1).

Kuota calon haji Kabupaten Bekasi, ujar Sukardi, setiap tahunnya 2.199. orang. Sementara jumlah calon haji yang daftar saat ini sudah lebih dari 50.000 orang. Jadi daftar tunggunya mencapai 24 tahun.

Dikatakan H.Sukardi, pada tahun sebelum pandemi Covid-19, pendaftar calon haji di Kabupaten Bekasi mencapai 300 per bulannya atau sekitar 4.000 orang per tahun. Jumlah itu melebihi kuota calon haji Kabupaten Bekasi yang 2199 orang. Jadi setiap tahun jumlah daftar tunggunya terus bertambah.

Namun saat ini, di masa pandemi Covid-19, jumlah pendaftar calon haji perbulannya hanya sekitar 10.orang.

Untuk pemberangkatan calon haji tahun ini, Sukardi mengaku belum mengetahui kepastiannya apakah Pemerintah Arab Saudi masih menutupnya atau sudah mulai membukanya kembali.  (agus / arl)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru