Sunday, November 29, 2020
Home > Kota > “Binatang” Apa Sih UPS Itu ?

“Binatang” Apa Sih UPS Itu ?

ups

ups

MIMBAR-RAKYAT.com (Jakarta) –  Lulung, wakil ketua DPRD  mengakui jika dirinya tidak tahu “binatang” apa sih UPS itu. Uninterruptible power supply yang diisingkat (UPS) gampangnya adalah seperti ban cadangan dalam mobil. Benda ini yang akhir ini nge-trend karena jadi barang siluman, karena tidak jelas siapa yang mengusulkan penganggrananya di DPRD DKI.

Layaknya cadangan ia hanya berfungsi kalau barang utamanya rusak. Nah kalau di listrik ya kalau listriknya mati.


“Barangnya saja yang tidak tahu. Pembahasannya tahu. Itu kan pembahasan antara eksekutif dan DPRD karena saya koordinator di Komisi E,” tuturnya  Selasa (17/3/2015) malam. ” Saya pikir UPS itu USB. Belum ngerti, ternyata (barangnya) sebesar itu,” papar politisi PPP tersebut.

Akibat salah kira UPS menjadi USB, Lulung pun menuai olok-olok di media sosial, khususnya Twitter. Tanda pagar (tagar) atau hashtag #SaveHajiLulung pun sempat menjadi trending topics dunia. Banyak juga yang melontarkan pertanyaan sinis ” Binatang apa sih UPS itu ?”.

Pengadaan UPS di sekolah-sekolah dalam RAPBD 2015 dipermasalahkan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama. Pengadaan tersebut diduga bermasalah dan sedang ditangani pihak Polda Metro Jaya dan berindikasi korupsi. Pasalnya, kuat dugaan adanya ketidaksinkronan antara biaya pengadaan UPS dan kebutuhan untuk sekolah-sekolah di DKI Jakarta. Sekolah-sekolah dinilai tidak terlalu membutuhkan alat yang dianggarkan memakan biaya sekitar Rp 5,8 miliar per unitnya tersebut.

UPS adalah  perangkat tambahan dalam komputer yang berfungsi untuk memberikan suplai listrik ketika listrik mati tiba-tiba. Jadi, UPS hanya akan berfungsi jika terjadi pemadaman listrik. Namanya juga cadangan.
UPS  berperan dapat memberi suplai listrik selama beberapa menit. Waktu yang cukup singkat dapat dimanfaatkan untuk mematikan komputer secara normal. Ini tentu lebih baik ketimbang mati tiba-tiba karena listrik padam (akan merusak hard disk).

Fungsi UPS

UPS memiliki fungsi sebagai cadangan sumber listrik yang sifatnya darurat. Artinya, UPS berfungsi untuk memberikan suplai listrik saat terjadi pemadaman listrik agar dapat menjaga komputer dari berbagai hal yang tak diinginkan. Semisal, ketika listrik padam dan ada UPS, maka komputer akan aman dari rusaknya perangkat komputer ataupun data komputer hilang karena belum sempat disimpan. Itu semua akan teratasi apabila ada perangkat UPS.
Selain itu, di dalam perangkat UPS juga terdapat stabilizer. Stabilizer ini memiliki kegunaan untuk menstabilkan aliran listrik yang masuk ke dalam komputer. Dengan demikian, CPU dapat bertahan lebih lama ketimbang biasanya karena arus listrik yang mengalir ke CPU dapat stabil. (ais)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru