Wednesday, October 28, 2020
Home > Berita > Air Katulampa menyusut Bupati Ade ingatkan warga tetap waspada

Air Katulampa menyusut Bupati Ade ingatkan warga tetap waspada

Keterangan foto - Bendungan air Katulampa. (detik)

Mimbar-Rakyat.com (Jakarta) – Luapan air yang membanjiri kawasan sekitar Kali Ciliwung, Senin malam, sehingga menyebabkan garis di bendungan air Katulampa meningkat hingga batas 250 sentimeter, Selasa pagi sudah menurun, namun warga diingatkan agar tetap waspada.

“Selain rumah, banjir  juga mengakibatkan jembatan rusak dan sejumlah tambak warga hanyut. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini,” kata Bupati Bogor Ade Yasin.

Ade mengaku sudah memberikan instruksi kepada BPBD turun ke lokasi untuk memberikan pertolongan bencana secara cepat dan terukur dan warga diingatkan agar tetap waspada.

“Saat ini saya terus memantau perkembangan.  Saya himbau seluruh warga tetap berhati-hati dan meningkatkan kewaspadaan, mengingat hujan di sebagian wilayah masih terjadi,” ujarnya kepada media Senin malam, seperti dilansir pikiran-rakyat.com.

Sementara itu pada Selasa pagi, bendungan air di Katulampa Bogor Timur, sejak pukul 04.00 WIB hingga pukul 05.36 WIB bertahan di angka 30 sentimeter dengan status siaga empat.

Dari informasi media disebutkan, papan penunjuk debit air Sungai Ciliwung di papan mercu Bendung Katulampa perlahan menyusut seiring dengan cuaca di wilayah Bogor dan sekitarnya tak lagi hujan.

“Saat ini cuaca di Bogor mendung dengan TMA – tinggi muka air- sungai Ciliwung di  Bendung Katulampa 30 cm dengan status siara 4,” kata M. Alwan, petugas jaga Bendung Katulampa, Bogor, Selasa.

TMA Bendung Katulampa perlahan menyusut setelah menyentuh angka level tertinggi yakni 250 cm di papan mercu Bendung Katulampa dengan status siaga 1 pada pukul 17.56 WIB, Senin 21 September 2020.

Setelah kawasan Puncak dan Bogor tak lagi hujan TMA Bendung Katulampa terus menurun yang dimulai pukul 23.00 WIB 70 cm dengan cuaca gerimis bertatus siaga 3, kemudian pukul 24.00 WIB 50 cm dengan status siaga 4.

“Warga yang tinggal di bantaran Sungai Ciliwung, khususnya di kawasan hilir tetap dihimbau waspada. Saat ini wilayah Puncak dan Bogor mendung,” katanya.

Senin malam, air kiriman dari kawasan Bogor sudah mulai menggenangi beberapa wilayah di Ibukota Jakarta, di antaranya Tanah Abang, Sudirman, Semanggi. (arl)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru