Sunday, May 31, 2020
Home > Berita > COVID-19: Kematian di Dunia Mendekati 70.000 Orang, AS Mengalami Pekan Tersulit

COVID-19: Kematian di Dunia Mendekati 70.000 Orang, AS Mengalami Pekan Tersulit

Seorang anak diuji untuk COVID-19 di fasilitas pengujian sementara yang didirikan oleh Kementerian Kesehatan Malaysia di sebuah pusat komunitas di pinggiran Kuala Lumpur. (Foto: Al Jazeera]

Seorang anak diuji untuk COVID-19 di fasilitas pengujian sementara yang didirikan oleh Kementerian Kesehatan Malaysia di sebuah pusat komunitas di pinggiran Kuala Lumpur. (Foto: Al Jazeera]

mimbar-rakyat.com (Jakarta) – Jumlah kematian akibat COVID-19 di dunia hingga saat mendekati 70.000. Demikian menurut data yang dikumpulkan oleh Universitas Johns Hopkins. Sementara jumlah terinfeksi, akibat penyakit pernapasan yang disebabkan oleh virus baru itu, meningkat di atas 1,27 juta.

Di lain pihak, Amerika Serikat (AS) memasuki salah satu minggu paling kritis akibat  coronavirus. Pejabat pemerintah memperingatkan korban tewas di negara-negara seperti New York, Michigan dan Louisiana adalah tanda kesulitan yang kemungkinan datang ke negara-negara lain. Demikian dkutip dari Al Jazeera.

“Ini akan menjadi minggu yang paling sulit dan paling menyedihkan dalam kehidupan kebanyakan orang Amerika, terus terang. Ini akan menjadi momen Pearl Harbor kita, momen 9/11 kita, hanya saja itu tidak akan dilokalisasi,” kata Surgeon General Jerome Adams mengatakan di jaringan media AS Fox News, Minggu.

Peringatan itu datang ketika Eropa mulai melihat secercah harapan dengan angka kematian Italia pada titik terendah dalam lebih dari dua minggu dan kurva infeksinya menurun. Di Spanyol, kematian baru turun untuk hari ketiga berturut-turut.

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson, sementara ini, dirawat di rumah sakit untuk tes. Menurut  kantornya adalah “langkah pencegahan” dan dia tetap bertanggung jawab atas pemerintah.***(edy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru