Friday, May 24, 2024
Home > Berita > STY – Fokus saat ini menjaga kebugaran pemain 

STY – Fokus saat ini menjaga kebugaran pemain 

Pelatih tim nasional PSSI Shin Tae Yong asal Korea Selatan. (mr)

Mimbar-Rakyat.com (Jakarta) – Pelatih timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong, menegaskan, menjaga kebugaran para pemain asuhannya menjadi fokus saat ini, menjelang pertandingan playoff Olimpiade Paris 2024 melawan Guinea di Prancis pada Kamis (9/5).

Timnas U-23 melakukan perjalanan panjang dari Doha, Qatar, ke Paris untuk memperebutkan satu tiket Olimpiade cabang sepak bola yang masih tersisa, setelah menduduki peringkat keempat di Piala Asia U-23. Tim Garuda Muda sampai di Paris pada Senin (6/5) kemarin.

“Karena capek jadi hanya latihan pemulihan dan taktik sebentar. Memang kemarin kita perjalanan agak jauh dan lama,” kata Shin seperti dikutip dari rekaman audio yang diterima pewarta.

“Seperti apa yang dilihat, jadi menggunakan jaket yang tebal, suhu lumayan dingin. Yang paling penting sebenarnya kontrol kondisi pemain. Jadi secara psikologis mulai capek, mulai lelah. Yang penting kita bisa kontrol kondisi pemain tetap bugar,” tambahnya.

Pelatih asal Korea Selatan itu mengakui, karena keberangkatan menuju Paris cukup mendadak, maka beberapa hal saat ini masih kurang ideal. Namun ia akan berusaha mengatasi masalah-masalah yang ada satu per satu.

“Jadi memang ada kesulitan masalah makanan dan masalah tidur juga. Karena kita juga buru-buru booking hotel dan lain-lain karena baru bisa dilakukan setelah selesai pertandingan kemarin di Doha. Jadi ada masalah sedikit saja,” ucapnya.

Masalah lapangan latihan yang dipakai timnas Indonesia U-23 untuk berlatih, yakni lapangan Stade de Lagrange dirasa masih belum optimal.

“Memang di bawah standar, ya. Artinya tidak seperti di Doha, tetapi katanya di sini yang rumputnya paling baik. Jadi mau tidak mau kita harus adaptasi dengan situasi dan kondisi di sini,” ujarnya sambil menyebut bahwa Alfeandra Dewangga akan bergabung bersama timnas U-23 saat urusan visa sang pemain telah selesai.

Sementara itu salah satu pemain timnas U-23 Ikhsan Nul Zikrak membangun rasa optimistis perihal kondisi ia dan rekan-rekan setimnya.

“Ya kondisi saya alhamdulillah sangat baik, dan teman-teman juga sangat baik. Tentu kami sedang mempersiapkan diri supaya bisa bermain bagus dan masuk ke Olimpiade,” ujar pemain Borneo FC tersebut. (an / him) 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru