Friday, May 24, 2024
Home > Berita > Siapa di antara 186 pebalap yang berlaga di Le Mans 24 Jam 23?

Siapa di antara 186 pebalap yang berlaga di Le Mans 24 Jam 23?

Le Mans 24 Jam berlaangsung Juni mendatang, diikuti Sean Gelael. (mr)

mimbar-Rakyat.com (Jakarta) – Laga ketahanan Le Mans 24 Jam merayakan hari jadi ke-100 pada 10-11 Juni 2023, sekaligus merupakan putaran keempat kejuaraan fia WEC tahun ini dan akan tertoreh sebagai catatan sejarah besar dalam dunia olahraga dunia.

Daftar nama para pebalap yg tampil diumumkan pada jumat 5 Mei 2013.  Di antaranya terdapat Sean Gelael dari Indonesia yang membela panjia Team WRT 31.

Sebanyak 62 kendaraan, di antaranya mobil yg tampil saat ini di fia wec 23 maupun mobil masa depan, akan tampil di Le Mans 24 Jam – yang akan berlangsung megah dalam memperingati hari lahirnya yg ke-100 juni nanti.

Tak kurang dari 16 mobil Hyper dari tujuh pabrik akan berlaga di kelas atas.

Merek mobil itu adalah Porsche, Peugeot, Ferrari, Vanwall, Glickenhaus, Toyota dan Cadillac, yang selama ini amat dikenal dalam sejarah olahraga dunia.

Di antara pebalap yg tampil adalah jawara lomba ketahanan Sébastien Buemi (empat kali menang), André Lotterer (3 x menang) dan Romain Dumas (dua kali menang dan penyandang gelar serta rejor sehingga kelas Hyper pasti akan berlangsung seru.

Pertarungan sengit lainnya akan nerlangsung di kelas LMP2 dengan tampilnya para tim papan atas seperti

Jota, United Autosports, Prema Racing, Team WRT dan Alpine Elf Team.

Sebanyak 24 pebalap di kelas ini  akan menyajikan laga hebat antarsesama mereka, merupakan gabungan antara pebalap berbakat serta para veteran yang sudah memiliki rekor.

Di antaranya ada seorang pebalap muda berusia 17 tahun, Josh Pierson dan Charles Milesi, yang pernah memenangi Le Mans 24 Jam di kelasnya, serta pebalap berpengalaman, Simon Pagenaud, Nicolas Lapierre dan pemenang 2016, Neel Jani.

Di kelas ini turun juga pebalap idola Indonesia, Sean Gelael,  yang pernah mencetak sejarah pada Le Mans 24 Jam 2021, ketika tampil sebagai pembalap Indonesia pertama yang mengikuti balapan legendaris 24 jam ini dan meraih posisi podium.

Sean Gelael bersama teman setim ketika naik podium di laga Le Mans 24 Jam 2021. Ia merupakan pebalap pertama dari Indonesia yang mengikuti ajang lomba legenda itu dan berhasil naik podium. (jagonya ayam)

Ketika itu, ia tampil membawa bendera tim Jota, berkolaborasi dengan pembalap Belgia yang pernah mentas di Formula 1, Stoffel Vandoorne dan pembalap Inggris, Tom Blomqvist.

Saat itu, Sean dan temannya mennggeber mobil bernomor 28 dan mereka sukses finis di posisi kedua untuk kategori balapan kelas LMP2.

Begitu hebatnya tantangan dalam balapan itu, sehingga Sean menuturkan, salah satu tantangan dalam balapan itu adalah durasi balapan yang sangat Panjang,   sehingga menuntut kekuatan fisik. “ Dalam balapan itu 24 jam itu saya hanya tidur 2,5 jam,” kata Sean. Sean bersama Team WRT 31 juga turun pada laga Le Mans 24 Jam 2022 dan melaju dari posisi gerak awal (start) P1, namun pada akhir lama ia bersama temannya dinyatakan DNF, karena ada masalah pada kendaraan mereka.

Kelas LMGTE Am field

Penonton pun akan mendapar suguhan menarik dari balapan di kelas LMGTE Am, yang akan membuat acara lomba Le Mans 24 Jam ke-91 itu semakin bersinar.  Kategori ini pun menjadi salah satu kelas yang amat popular bagi penonton.

Aktor Hollywood, Michael Fassbender, akan tampil meneruskan mimpinya setelah muncul pada debutnya di Le Mans 24 Jam pad 2022.

Bintang lain dalam lag akelas ini adalah Ben Keating, Daniel Serra dan Richard Lietz.

Tantangan besar muncul dari pebalap Wanita, yang muncul pertama kali dan menang pada kejuaraan fia WEC di TotalEnergies 6 Hours of Spa-Francorchamps, Lilou Wadoux.

Di 24 Hours of Le Mans, pebalap lain yang akan mengadu nama mereka sebagai pebalap yang pernah menang, di antaranya adalah  Doriane Pin yang unggul dbersama Prema Racing pada kelas prototipe LMP2.

Di kelas LMGTE Am inim ada juga trio Iron Dames, Sarah Bovy, Michelle Gatting dan Rahel Frey, yang akan menjadi perhatian penonton dalam usaha mereka naik podium.

Beberapa mantan pebalap Formula 1 akan meneruskan tradisi mereka untuk membalap di arena ketahanan mobil Le Mans 24 Jam yang memasuki ke=100 itu. Sejak balapan tempat duduk tunggal itu dimulai sekitar tahun 1950, para jawaranya sudah mulai berlaga di Le Mans, termasuk pada lomba 2023.

Contohnya, Jacques Villeneuve, juara dunia F1 1997, akan turun bersama tim Floyd Vanwall Racing Team Hypercar. Juara dunia F1 2009,  Jenson Button juga turun, membawa bendera Henrick Motorsports NASCAR Chevrolet Camaro ZL1. Mereka akan saling adu kuat dengan legenda hidup Antonio Giovinazzi, Paul Di Resta, Robert Kubica dan masih banyak lagi pebalap yang akan menjadi jurian mata para penonton.

A NASCAR akan turun dalam adegan 100 tahun Le Mans nati. Di  Garage 56,  penggemar balap akan melihat Chevrolet Camaro ZL1 yang mengikuti balapan besar di Amerika itu.  Henrick Motorsports membawa tiga nama besar ketikal. Jenson Button akan ditemani juara Le Mans 24 jam 2010 Mike Rockenfeller dan Jimmie Johnson, tujuh kali juara NASCAR yang dipayungi tim Chevrolet.  (fiawec/Arl)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru