Monday, December 06, 2021
Home > Berita > Sean Gelael Perkuat Tim juara dunia WRT di FIA WEC 2022

Sean Gelael Perkuat Tim juara dunia WRT di FIA WEC 2022

Sean Gelael. (jagonya ayam)

Mimbar-Rakyat.com (Jakarta) – Pebalap nasional Sean Gelael yang membukukan prestasi fenomenal pada kejuaraan FIA WEC 2021 bersama tim JOTA Sport,  beralih mendukung tim WRT pada musim laga 2022.

Sean yang membalap dengan Tom Blomqvist dan Stoffel Vandoorne pada 2021 – menempat urutan kedua kejuaraan dunia di kategori LMP2 dengan mengumpulkan angka dari lima podium dan hanya gagal podium di Monza saat ia berada di utuann kelima.

Kesuksesan di musim perdananya di jenis balapan ketahanan itu, menjadi perhatian para pengamat balap termasuk tim juara dunia WRT, sehingga akhirnya ia bergabung dengan tim itu untuk musim laga 2022.

“Musim depan Sean tidak di JOTA lagi. Ia gabung dengan tim WRT,” jelas ayahanda Sean, Ricardo Gelael, dalam perbincangan dengan media Jumat malam.

Sean Gelael, yang lima tahun berkecimpung dalam laga Formula 2,  amat menyenangi kejuaraan FIA WEC dan setelah berhasil berada di urutan kedua pada tahun ini, ia menargetkan juara pada 2022.  Pada kejuaraan 2021, tim JOTA berada di urutan kedua klasemen akhir dengan mengumpulkan angka 131 poin sedangkan WRT berada di puncak dengan simpanan 151 poin.

Tim WRT dipilih sebagai tim Sean selanjutnya, untuk menyambut rencana besar pebalap nasional itu, yang merencanakan naik kelas dari LMP2 ke LMPH atau disebut kelas Hypercar pada musim 2023.

Pada kejuaraan 2022, Sean sebenarnya direncanakan kembali bekerja sama dengan Stoffel Vandoorne dan Tom Blomqvist. Namun, karena tahun depan Blomqvist akan tampil di kejuaraan IMSA Weathertech SportsCar, maka Ricardo Gelael  mempersiapkan satu pembalap lagi untuk jaga-jaga.

“Tom (Blomqvist) itu keluar dari Formula E, dapat kontrak dari Acura di IMSA. Tapi balapannya tidak bentrok dengan WEC, sehingga sebenarnya, jadi dia bisa tetap ikut,” ujar juara nasional reli 2006 itu.

“Tapi ada satu pembalap saya yang dulu available, (Antonio) Giovinazzi. Karena dia juga baru keluar dari Formula 1. Tapi dia belum konfirmasi ke kami. Ya, di beberapa seri mungkin dia akan gabung dengan kita. Kemungkinan, Stoffel yang diganti atau Tom. Tapi tidak di semua race,” jelas Ricardo. 

Sementara untuk ketersediaan jadwal Giovinazzi, yang sudah diumumkan sebagai pembalap Formula E untuk Dragon Penske, Ricardo menegaskan, tidak ada jadwal balap yang bentrok dengan WEC. “Formula E tidak bentrok dengan WEC, jadi tidak apa-apa,” tuturnya.

Rangkaian WEC 2022 akan dimulai dengan sesi prolog di Sebring International Raceway, Amerika Serikat, pada 12-13 Maret 2022.

Seri pembuka juga digelar di Sebring pada 18 Maret 2022, dilanjutkan ke Spa-Francorchamps 6 Hours, Le Mans 24 Hours, Monza 6 Hours, Fuji 6 Hours, dan diakhiri di Bahrain 8 Hours.  (arl)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru