Sunday, July 21, 2024
Home > Berita > Rachmawati Soekarnoputri telah tiada

Rachmawati Soekarnoputri telah tiada

Rachmawati Soekarnoputri saat memberikan pidato kebangsaan saat mengikuti Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan ke-73 di UBK.(Foto: merdeka.com/Liputan6.com)

Mimbar-Rakyat.com (Jakarta) – Rachmawati Soekarnoputri meninggal dunia pada Sabtu, 3 Juli 2021 pada pukul 06.45 WIB, di RSPAD Jakarta. Putri Presiden Pertama Indonesia, Soekarno dengan Fatmawati itu meninggal dalam usia 70 tahun di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta.

“Benar, Ibu Rachmawati meninggal dunia pagi ini,” kata Wakil Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Andre Rosiade,” seperti dikutip dari Liputan6.com. Rachmawati saat ini tercatat sebagai Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra.

Andre mengaku belum mengetahui penyebab meninggalnya Rachmawati. Namun, pada 26 Juni 2021 lalu, Rachmawati dikabarkan positif Covid-19 dan dirawat di rumah sakit. Rachmawati lima orang bersaudara kandung; Guntur Soekarnoputra, Megawati Soekarnoputri, Rachmawati Soekarnoputri, Sukmawati Soekarnoputri, dan Guruh Soekarnoputra.

Anak ketiga dari pasangan Soekarno dan Fatmawati ini lahir di Jakarta pada 27 September 1950. Selain tercatat sebagai Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra yang dipimpin Prabowo Subianto, pada tahun 1981 ia mendirikan Yayasan Pendidikan Soekarno (YPS) dan di tahun 1983 mendirikan Universitas Bung Karno (UBK). Namun di era Orde Baru, UBK dilarang beroperasi. Dan baru berdiri kembali di tahun 1999.

Pada era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, periode 2007-2009, Rachmawati dipercaya menjadi anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres). Rachmawati sangat peduli pada dunia pendidikan.***(edy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru