Monday, October 03, 2022
Home > Berita > Presiden Jokowi Pimpin Rapat Persiapan Indonesia sebagai Tuan Rumah Piala Dunia FIFA U20

Presiden Jokowi Pimpin Rapat Persiapan Indonesia sebagai Tuan Rumah Piala Dunia FIFA U20

Presiden Jokowi Pimpin Rapat Persiapan Indonesia sebagai Tuan Rumah Piala Dunia FIFA U20. (independen)

Mimbar-Rakyat.com (Jakarta) – Presiden Joko Widodo menggelar rapat terbatas di Istana Merdeka Jakarta, terkait persiapan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA U20 pada 2023.

Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali dalam keterangannya usai mengikuti rapat, Kamis, mengatakan, Kepala Negara memberikan arahan kepada jajaran terkait untuk segera memenuhi kualifikasi dan standar yang telah ditentukan oleh FIFA.

“Bapak Presiden memutuskan kepada kami menteri-menteri terkait untuk segera melakukan langkah-langkah, memenuhi apa yang dikehendaki oleh FIFA supaya ini menjadi standar. Misalnya perbaikan rumput, kemudian perbaikan-perbaikan penerangan yang tadinya sudah siap, tetapi karena penundaan itu maka ada kekurangan-kekurangan,” ujar Menpora.

Indonesia ditetapkan sebagai tuan rumah Piala Dunia FIFA U20 pada 2021, namun karena situasi pandemi Covid-19, FIFA menunda pagelaran tersebut hingga 2023.   Menpora pun menyatakan FIFA mengapresiasi komitmen pemerintah Indonesia dalam mempersiapkan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia FIFA U-20.

“Bahkan daerah-daerah karena ini tempatnya ada di enam provinsi dan komitmen yang disampaikan oleh baik itu gubernur maupun bupati / wali kota sebagai host city agreement itu juga di apresiasi dengan baik oleh FIFA,” ungkap Menpora.

Ketua Umum PSSI Mochammad Iriawan yang turut serta dalam rapat tersebut mengatakan, komposisi pemain U20 saat ini adalah 36 pemain. Iriawan juga melaporkan terkait perkembangan rencana naturalisasi sejumlah pemain tim nasional.

“Ada tujuh pemain naturalisasi yang akan mungkin kita hire ke negaranya di Belanda karena semuanya berasal dari Belanda. Dua yang sudah pasti, limanya yang sedang kita jajaki. Presiden menyampaikan itu tidak ada masalah karena itu permintaan dari pihak pelatih,” ujar Iriawan.

Dalam kesempatan tersebut, Iriawan juga meminta dukungan pemerintah untuk memberikan izin penggunaan sejumlah lapangan untuk latihan para pemain sepak bola. Menurut Iriawan, saat ini hanya satu lapangan yang dapat digunakan untuk latihan.

“Kami berharap pihak pengelola bisa memberikan itu kepada kami sehingga bisa dipakai dan kami pun siap untuk berkontribusi dalam menyiapkan sarana prasarana berlatih itu,” katanya.  (arl)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru