Tuesday, October 04, 2022
Home > Berita > Miguel Oliveira juara MotoGP Indonesia 2022, Presiden Jokowi serahkan trofi

Miguel Oliveira juara MotoGP Indonesia 2022, Presiden Jokowi serahkan trofi

Miguel Oliveira juara MotoGP Indonesia 2022, Presiden Jokowi serahkan trofi. (bolanet)

Mimbar-Rakyat.com (Mandalika, Lombok Barat) – Pebalap tim Red Bull KTM,  Miguel Oliveira, menerima trofi Grand Prix Indonesia dari Presiden Joko Widodo setelah menjuarai balapan seri kedua MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Minggu.

Pebalap asal Portugal itu keluar sebagai juara setelah mampu menyelesaikan 20 putaran lomba dengan catatan waktu 33 menit 27,223 detik. enjuarai balapan seri kedua MotoGP 2022 di Sirkuit Pertamina Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Minggu.

Pebalap asal Portugal itu keluar sebagai juara setelah mampu menyelesaikan 20 putaran lomba dengan catatan waktu 33 menit 27,223 detik.

Selain Oliveira, Presiden Jokowi juga menyerahkan trofi kepada dua penghuni podium lainnya yakni juara dunia dari tim Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo dan pebalap Ducati Lenovo Jack Miller.

Keduanya menerima trofi dari Presiden setelah mampu finis di urutan kedua dan ketiga balapan. Quartaro menuntaskan balapan dengan selisih 2,205 detik dari Oliveira dan Zarco 3,158 detik lebih lambat dibanding sang pemenang.

Ajang MotoGP di Mandalika sempat harus mengalami penundaan start lantaran hujan deras yang mengguyur sirkuit sepanjang 4,31 km itu.

Balapan selama 20 lap dari jarak awal 27 putaran tersebut bergulir secara dramatis dan menegangkan.

Seusai balapan, Miguel Oliveira mengatakan, ia merasakan emosi yang naik turun karena merasa mengalami kesukaran menemukan irama balapnya.

“Sungguh, saya merasakan emosi yang naik-turun. Setelah start, sulit menemukan batas dalam balapan ini. Oleh karena itu, awalnya saya mengikuti Jack Miller. Kemudian, saya mengerti, saya lebih cepat darinya dan bisa menyalip. Selama di depan, saya berusaha mempertahankan keunggulan,” ujarnya.

Beberapa bulan terakhir, katanya, “Tak mudah, untuk kembali menang dan ini membuat saya sangat emosional.  Saya berjanji kepada putri saya untuk membawa pulang trofi dari Indonesia. Kemenangan ini untuk dirinya,” katanya.

Dengan kemenangan ini, Miguel Oliveira tampil sebagai pencatat sejarah menang di MotoGP Indonesia, setelahg sebelumnya Mick Doohan (1996) dan Tadayuki Okada (1997) di Sirkuit Internasional Sentul.

Ini juga merupakan kemenangan keempat Miguel Oliveira sepanjang kariernya di MotoGP, setelah yang pertama di Catalunya pada 2021.

Di Mandalika, Miguel Oliveira menyelesaikan balapan dalam waktu 33 menit, 27,2230 detik.

Dari semua pebalap yang aktif, Oliveira menyamai jumlah kemenangan Francesco “Pecco Bagnaia” di kelas premier (4).

Seara total, Oliveira telah mencatatkan 16 kemenangan di semua kelas Grand Prix,   empat di MotoGP, enam di Moto2, dan enam kali di Moto3.

MotoGP Mandalika merupakan MotoGP Indonesia yang kedua dilagakan di Indonesia, setelah yang pertama di Sirkuit Sentul, Jawa Barat, 25 tahun lalu.  (arl)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru