Friday, April 19, 2024
Home > Berita > Presiden Jokowi Hadiri Istigasah dan Doa Bersama Rabithah Melayu-Banjar

Presiden Jokowi Hadiri Istigasah dan Doa Bersama Rabithah Melayu-Banjar

Presiden Joko Widodo menghadiri acara Istigasah dan Doa Bersama Rabithah Melayu-Banjar di Komplek Pendopo Bersinar Tabalong, Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalimantan Selatan, Jumat, 17 Maret 2023. (Foto: BPMI Setpres/Laily Rachev)

Mimbar-Rakyat.com (Tabalog) – Presiden Joko Widodo menghadiri acara Istigasah dan Doa Bersama Rabithah Melayu-Banjar yang digelar di Komplek Pendopo Bersinar Tabalong, Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalimantan Selatan, pada Jumat, 17 Maret 2023. Kepala Negara mengapresiasi antusiasme dan semangat masyarakat Melayu-Banjar yang menjunjung tinggi nilai-nilai agama dan adat tradisi ketimuran.

“Saya juga mengapresiasi semangat Rabithah Melayu-Banjar yang ikut menjaga dan melestarikan nilai-nilai luhur adat dan budaya Melayu-Banjar dan juga mengembangkan nilai-nilai Islam yang rahmatan lil alamin,” ujar Presiden.

Presiden Joko Widodo bertolak menuju Provinsi Kalimantan Selatan pada Kamis, 16 Maret 2023, melalui Bandara Internasional Changi, Singapura. Presiden dilepas antara lain oleh  Duta Besar Republik Indonesia untuk Singapura Suryopratomo. (Foto: BPMI Setpres/Laily Rachev)

Presiden menyebut bahwa Indonesia merupakan negara dan bangsa yang besar. Indonesia memiliki 280 juta penduduk yang hidup di 17 ribu pulau dengan beraneka ragam suku, adat, ras, dan agama.

“Keragaman itu diikat dengan semangat ke-tunggal-ika-an, diikat dengan konsensus kebangsaan yaitu Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika,” ungkap Presiden, seperti dikutip dari website presidenri.go.id.

Presiden mengajak masyarakat Melayu-Banjar untuk bersama-sama meningkatkan semangat ukhuwah, baik ukhuwah islamiyah, ukhuwah wathoniyah, maupun ukhuwah insaniyah. Menurut Presiden, semangat ukhuwah dapat menjadikan masyarakat hidup rukun meski ditengah perbedaan.

“Semangat ukhuwah inilah yang membuat kita semua bisa hidup rukun, berbeda agama tapi rukun, berbeda adat tapi rukun, berbeda suku tapi rukun, karena memang kita diciptakan oleh Allah berbeda-beda,” ucap Presiden.

“Kita bisa hidup berdampingan, hidup harmonis, dan bersama-sama berjuang dengan semangat gotong royong untuk memajukan negara ini,” tandasnya.

Turut mendampingi Presiden dalam acara ini adalah Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor, dan Bupati Tabalong Anang Syakhfiani.

Dari Singapura

Presiden Joko Widodo bertolak menuju Provinsi Kalimantan Selatan pada Kamis, 16 Maret 2023, melalui Bandara Internasional Changi, Singapura. Presiden bersama rombongan lepas landas dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 pukul 15.20 waktu setempat (WS) atau pukul 14.20 WIB.

Tampak melepas keberangkatan Presiden Jokowi di VIP Complex Bandara Internasional Changi, Singapura, adalah Menteri Pendidikan Singapura Chan Chun Sing, Duta Besar Singapura untuk Indonesia Kwok Fuk Sen, Kepala Protokol Singapura Chia Wei Wen, Duta Besar Republik Indonesia untuk Singapura Suryopratomo, dan Atase Pertahanan KBRI Singapura Kol. Pnb Achmad Zailani.

Turut mendampingi Presiden dalam penerbangan menuju Provinsi Kalimantan Selatan adalah Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Dirjen Protokol dan Konsuler Kementerian Luar Negeri/Kepala Protokol Negara Andy Rachmianto, Komandan Paspampres Mayjen TNI Rafael Granada Baay, Sekretaris Pribadi Presiden Anggit Noegroho, serta Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

Sebelumnya Presiden Jokowi melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Singapura, Lee Hsien Loong, di Istana Kepresidenan Singapura. Dalam pertemuan tersebut, kedua pemimpin membahas peningkatan kerja sama berbagai bidang diantara kedua negara dan isu kawasan.

Presiden Joko Widodo bertolak menuju Kabupaten Tabalong pada hari kedua kunjungan kerjanya di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), pada Jumat, 17 Maret 2023. Melalui Bandara Internasional Syamsudin Noor, Kota Banjarbaru, Presiden dan rombongan terbatas lepas landas dengan menggunakan pesawat ATR Pelita Air, sekira pukul 06.45 WITA.

Setibanya di Bandara Warukin, Kabupaten Tabalong, Presiden langsung menuju Komplek Pendopo Bersinar Tabalong, untuk menghadiri acara Istigasah dan Doa Bersama Rabithah Melayu-Banjar. Setelahnya, Presiden juga melakukan pertemuan dengan para tokoh adat dan tokoh agama Tabalong di Wisma Tamu, Komplek Pendopo Bersinar Tabalong.

Presiden kemudian dijadalkan melanjutkan perjalanan menuju Pasar Rakyat Tabalong, untuk menyerahkan sejumlah bantuan sosial kepada para pedagang. Selanjutnya, Presiden akan meninjau sekaligus meresmikan Jalan Nan Serunai, Kabupaten Tabalong.

Usai peresmian, Presiden dan rombongan kembali menuju Kota Banjarbaru dengan menggunakan pesawat ATR Pelita Air, melalui Bandar Udara Warukin. Di Kota Banjarbaru Presiden melakukan peresmian Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Banjarbakula, Kota Banjarbaru.

Presiden dan rombongan akan kembali ke Jakarta pada sore hari melalui Bandara Internasional Syamsudin Noor, Kota Banjarbaru, dengan menggunakan pesawat kepresidenan Indonesia-1.***(edy)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru