Sunday, July 21, 2024
Home > Berita > Penyidik Senior KPK Novel Baswedan Disiram Air Keras, Ketua DPR Setnov: Sangat Memprihatinkan

Penyidik Senior KPK Novel Baswedan Disiram Air Keras, Ketua DPR Setnov: Sangat Memprihatinkan

Ketua KPK Agus Rahardjo dan Kapolda Metro Jaya Irjen M. Iriawan menjengkuk Novel Baswedan di rumah sakit. (ist)

MIMBAR-Rakyat.Com (Jakarta) – Ketua DPR Setya Novanto (Setnov) mengutuk peristiwa yang menimpa penyidik senior KPK Novel Baswedan, Selasa (11/4) subuh yang diserang dan disiram air keras.

Menurut Setnov, aksi itu tindakan kriminal, biadab, dan serangan kepada bangsa Indonesia. Polisi harus mengusut tuntas.

“Kejadian yang menimpa saudara kita, salah satu Penyidik KPK, Novel Baswedan, pada hari ini sangat memprihatinkan kita semua. Apapun motif di balik peristiwa dan musibah yang terjadi, saya memandang perilaku tersebut tidak beradab dan tindakan kriminal yang harus diusut tuntas,” kata Novanto siang.

“Saya mengenal beliau sebagai sosok yang memiliki integritas dan profesionalitas yang tinggi. Sebagai penyidik, Novel Baswedan selama ini merupakan salah satu tulang punggung dan figur penting di balik kinerja KPK yang cukup membanggakan publik,” tegasnya.

Meski demikian, lanjut Novanto, ada baiknya kita tidak berandai-andai dan berperasangka, melampaui penyelidikan dari pihak yang berwenang. Suatu hal yang tidak bisa dipungkiri, kejadian ini tentu saja menambah kuat dukungan publik kepada lembaga anti rasuah tersebut.

Sebagaimana harapan masyarakat, katanya, dirinya mendukung sepenuhnya penyelamatan KPK baik dari segi kelembagaan maupun dari segi personal. Mereka adalah harapan masyarakat di tengah upaya pemberantasan korupsi yang sedang digalakkan oleh Pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla.

“Serangan fisik yang menimpa Penyidik Senior KPK Novel Baswedan bukan hanya ditujukan kepada pribadi Novel maupun Institusi KPK. Serangan tersebut sebenarnya ditujukan kepada kita Rakyat dan Bangsa Indonesia yang saat ini tengah berperang melawan korupsi,” katanya.

Karena itu, ia berharap, kejadian ini tidak menyurutkan sedikitpun langkah KPK dalam menjalankan tugas, fungsi dan kewenangannya. “Saya yakin dan percaya, Saudara Novel Baswedan adalah figur yang kuat dan penuh dedikasi. Kejadian ini tidak akan mengendurkan sedikitpun langkah beliau dalam menjalankan tugas-tugasnya,” ujar Novanto.

Indonesia Corruption Watch (ICW) juga mengecam keras teror terhadap Novel Baswedan dan meminta negara bertanggungjawab mengusut dan menangkap pelakunya.Demikian siaran pers ICW.

Menurut ICW, dengan kasus ini upaya pemberantasan korupsi kembali menghadapi ujian berat. Novel Baswedan, penyidik senior KPK mengalami teror dan serangan fisik disiram air keras di bagian wajahnya. Teror terhadap Novel sudah beberapa kali dilakukan.
ICW menduga aksi serangan terhadap Novel kali ini berkaitan dengan kasus yang sedang disidiknya. (joh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru