Thursday, July 29, 2021
Home > Berita > OTT KPK Ciduk Walikota Cilegon dan Sejumlah Pejabat

OTT KPK Ciduk Walikota Cilegon dan Sejumlah Pejabat

Basaria Panjaitan. (ist)

MIMBAR-RAKYAT.Com (Cilegon) – KPK kembali melakukan operasi tangkap tangan (OTT), di Cilegon, Banten, dengan menciduk 10 orang, termasuk walikota.

“Tim Penindakan KPK yang ditugaskan di daerah Banten. Sampai Jumat tengah malam mengamankan 10 orang. OTT masih berjalan,” kata Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan kepada wartawan, Sabtu (23/9).

Mereka yang ditangkap, di antaranya Walikota Cilegon Tubagus Iman Ariyadi, sejumlah pejabat dinas dan swasta. “Diindikasikan ada transaksi terkait dengan proses perizinan kawasan industri di salah satu kabupaten/kota di Banten,” imbuhnya.

OTT dilakukan di sejumlah lokasi di wilayah Cilegon, Banten. Salah satunya di Kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Cilegon, Jumat (22/9) malam.

Turut diamankan Walikota Cilegon Tubagus Iman Ariyadi dan pejabat DPMPTSP berinisial TF. Dua orang ini termasuk dalam daftar 10 orang yang diamankan dalam OTT KPK.

Saat ini 10 orang yang diamankan itu tengah menjalani pemeriksaan intensif di Gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Setiabudi, Jakarta Selatan. Lembaga antirasuah ini punya waktu maksimal 24 jam untuk memastikan status hukum mereka.

Ada banyak uang diduga terkait suap turut diamankan. “Ada uang ratusan juta yang diamankan sebagai barang bukti,” kata Basaria.

Saat ini, penyidik sedang menghitung kembali jumlah uang yang disita. Termasuk memeriksa secara intensif pihak-pihak yang diamankan. “Pemeriksaan masih berjalan. Tim sudah mengamankan 10 orang di kantor KPK,” imbuhnya.

Namun, dia belum bersedia menginformasikan lebih rinci soal OTT ini. Terutama soal kronologis dan nama-nama 10 orang yang diamankan. “Dalam waktu maksimal 24 jam akan kami sampaikan hasil OTT ini melalui konferensi pers,” pungkasnya.

Turut diamankan Walikota Cilegon Tubagus Iman Ariyadi dan pejabat DPMPTSP berinisial TF. Lembaga antirasuah pun dikabarkan telah menyegel ruang kerja pejabat dinas tersebut. (joh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru