Thursday, December 03, 2020
Home > Berita > Jemaah Haji Gelombang II Akan Nikmati Fasilitas Layanan Istimewa Saat Kepulangan

Jemaah Haji Gelombang II Akan Nikmati Fasilitas Layanan Istimewa Saat Kepulangan

Pengurusan Haji di Jeddah. (Foto: Dok Arab News)

Pengurusan Haji di Jeddah. (Foto: Dok Arab News)

Mimbar-rakyat.com Madinah) – Para Jemaah haji Indonesia yang tergabung dalam 32 kloter  gelombang II akan menikmati fasilitas layanan kepulangan yang istimewa. Mereka tidak perlu menunggu lama di Bandara Prince Mohammed bin Abdul Aziz, Madinah, karena bagasi jemaah dikirim ke bandara secara khusus.

Sistem pelayanan cepat dan nyaman yang disebut system Eyab itu lebih spesial karena hanya diberikan pada 32 kloter jemaah haji Indonesia, tidak seperti Eyab di Jeddah yang juga diberikan pada jemaah haji asal Malaysia dan India.Demikian diungkapkan Kepala Daerah Kerja Madinah Akhmad Jauhari, Selasa (27/8) malam Waktu Arab Saudi.

“Alhamdulillah jemaah haji Indonesia pada masa pemulangan gelombang II di Madinah mendapatkan kehormatan untuk merasakan fasilitas Eyab,” ujar Jauhari, seperti dikutip dari Website Kemenag.

Eyab di Madinah diberikan kepada 32 kloter yang terdiri dari : 19 kloter asal embarkasi Jawa Barat (JKS) & 13 kloter asal embarkasi Surabaya (SUB) dengan jumlah total 13.533 jemaah, dan akan diberangkatkan dalam rentang waktu tanggal 4-14 September 2019 dengan rata-rata pemberangkatan antara 2 hingga 4 kloter per hari.

Untuk teknis pelaksanaan Eyab, ia menjelaskan, bagasi jemaah yang sudah ditempeli QR Card dikirim ke bandara 24 jam sebelum keberangkatan. Jemaah diupayakan sudah tiba di bandara 3 – 4 jam sebelum keberangkatan.

Setelah tiba di bandara, jemaah masuk ke Paviliun 5 dan langsung didorong ke Gate Haji untuk melakukan pemeriksaan haji dan masuk ke lounge Eyab yang terletak di ruang tunggu internasional menunggu waktu panggilan masuk ke pesawat.

“Sebenarnya yang membedakan antara jemaah yang menikmati fasilitas Eyab dan yang tidak, adalah proses menunggu jemaah dibuat senyaman mungkin saat menunggu proses imigrasi,” tuturnya.***(dta)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru