Sunday, July 21, 2024
Home > Berita > Gempa di Pesisir Selatan dan Pulaukaratung

Gempa di Pesisir Selatan dan Pulaukaratung

Gempa Pesisir Selatan. (BMKG)

Mimbar-Rakyat.com (Jakarta) – Peristiwa gempa getarkan Pesisir Selatan, Sumatera Barat, berkekuatan Magnitudo  (M) 4,7, pada 14 Juni 2024. Pada hari yang sama juga terjadi gempa di Pulaukaratung, Sulut,  dengan kekuatan Magnitude (M) 5,0.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dalam siaran persnya menyebutkan, pusat gempa bumi di Sumatera Barat berada di laut sekitar 57 kilometer barat laut Pesisir Selatan, atau di P 30 kilometer Barat Daya Air Haji, pada kedalaman 27 kilo meter.

Disebutkan, gempa dirasakan Magnitudo: 4,7 pada 14 Juni 2024 05:39:43″, Gempa terjadi pada koordinat pada 1.87 LS (Lintang Selatan) dan 100.39 BT (Bujur Timur). Dirasakan dengan skala MMI di beberapa wilayah diantaranya Padang dengan skala II-III. Salah satu skala MMI yang dirasakan adalah II yang tidak saja dirasakan oleh beberapa orang tetapi terekam oleh alat.

Dalam sepekan terakhir BMKG mencatat di wilayah Indonesia terjadi aktivitas gempa signifikan dan dirasakan masyarakat sebanyak 10 kali dalam berbagai variasi magnitudo dan kedalaman.

Gempa tersebut termasuk yang berkekuatan magnitude (M) 5,0 di Pulaukaratung Sulut, hari ini. Pusat gempat berada di 137.Pusat gempa berada di 137 BaratLaut km barat laut Pulaukaratung Sulut dan tidak berpotensi tsunami.

Gempa terjadi pada pukul 19:44:01. Berada pada kedalaman 93.0 kilometer dan tak berpotensi tsunami. Titik koordinat gempa berada pada 5.65 LU (Lintang Utara) dan 126.22 BT (Bujur Timur).***(edy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru