Thursday, December 01, 2022
Home > Berita > Gempa bumi dengan magnitudo 5,6 melanda barat daya Cianjur

Gempa bumi dengan magnitudo 5,6 melanda barat daya Cianjur

Gempa bumi dengan magnitudo 5,6.melanda barat daya Cianjur. Jepang tawarkan bantuan. (liputan6)

Mimbar-Rakyat.com (Jakarta) – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan bahwa gempa bumi dengan magnitudo 5,6 melanda wilayah barat daya Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat, Senin pukul 13.21 WIB.

Menurut BMKG, pusat gempa bumi itu berada di koordinat 6,84 Lintang Selatan dan 107,05 Bujur Timur, sekira 10 kilometer barat daya Kabupaten Cianjur, pada kedalaman 10 km.

Gempa yang getarannya dirasakan hingga wilayah Jakarta, Bekasi, dan Bogor itu menurut BMKG tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Di Bandung, Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil meminta warga Kabupaten Cianjur tetap waspada terhadap kondisi setelah terjadinya gempa bumi di daerah itu.

“Saya sangat prihatin atas peristiwa gempa bumi dahsyat yang mengguncang Kabupaten Cianjur. Mohon tetap waspada, siaga satu karena memang musim bencana selalu di akhir tahun,” kata Gubernur Ridwan Kamil.

Pihaknya meminta kepada warga Kabupaten Cianjur untuk tetap waspada, terkait dengan adanya potensi gempa susulan.

“Kita harus terus waspada karena gempa ini biasanya saling susul menyusul karena sebelum hari ini, dua hari lalu terjadi juga di Tasikmalaya, di laut, saya juga ikut merasakan,” kata Ridwan Kamil.

Gubernur mengatakan, lansir antaranews, berdasarkan laporan yang diterimanya, banyak bangunan yang rusak akibat guncangan gempa.

“Informasi yang masuk ke kita, bangunan-bangunan rusak. Saya prihatin dan mudah mudahan tidak banyak korban baik harta maupun jiwa,” katanya.

Gubernur segera mengunjungi Kabupaten Cianjur untuk meninjau masyarakat sekaligus dampak gempa tersebut.

“Secepatnya ya saya akan ke sana untuk melihat kondisi,” kata Ridwan Kamil.  (abd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru