Saturday, October 16, 2021
Home > Berita > Debit Menurun, Pemuda Cikupa Revitalisasi Mata Air

Debit Menurun, Pemuda Cikupa Revitalisasi Mata Air

Mimbar-Rakyat.com (Kuningan) Salahsatu cara untuk melestarikan mata air, yakni dengan melakukan penanaman pohon di areal sekitarnya, hal itulah yang dilakukan oleh Perangkat Desa Cikupa, Karangtaruna Daya muda Mandiri dan Ikatan Generasi Muda Pecinta Alam (Igmapala), di Kawasan Mata Air Cibitung dan Mata Air Usman, Desa Cikupa, Kecamatan Darma, pada Senin (12/7/2021).

Kepala Desa Cikupa, Asep Surahman mengatakan penanaman puluhan pohon tersebut merupakan inisiatif dari Igmapala melihat debit mata air yang kian menipis.

“Ini karna keprihatinan para pemuda, melihat debit airnya yang kian menipis, agar mata air bisa tetap lestari dan mata air merupakan warisan bagi anak cucu kita,” tambahnya.

Kedua mata air tersebut, sambung Asep, mengaliri tiga desa yakni Desa Cikupa, Kawahmanuk dan Parung. “Tapi mayoritasnya untuk warga Cikupa, meski penanaman ini tergolong baru bagi Kami, semoga aksi ini bisa terus dilakukan agar generasi muda tetap mencintai alam dengan menjaga kelestariannya,” tutup Asep. (Dien)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru