Saturday, May 08, 2021
Home > Berita > Asrama haji di Indramayu ditargetkan selesai akhir tahun 2020

Asrama haji di Indramayu ditargetkan selesai akhir tahun 2020

Foto: Ditjen PHU

Mimbar-Rakyat.com (Jakarta) – Kementerian Agama tengah membangun asrama haji di Indramayu. Pembangunan asrama haji tahap 1 yang dimulai sejak Agustus 2020, bagi jemaah yang akan berangkat melalui Bandara Kertajati ini, ditargetkan selesai akhir tahun 2020.

Plt Dirjen Penyelenggaran Haji dan Umrah Oman Fathurahman saat meninjau pembangunan asrama haji di Indramayu, Minggu (13/12), menyataan pembangunan asrama haji Indramayu menggunakan skema pembiayaan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN). “Saya melihat progres pembangunan asrama haji Indramayu sangat cepat dan baik, sehingga bisa menjadi teladan bagi proyek SBSN lainnya” kata Oman.

“Diharapkan pembangunan tahap 1 ini selesai akhir tahun, sebelum 31 Desember 2020,” lanjutnya, seperti dikutip dari website Kemenag, kemenag.go.id.

Meski progresnya positif, Oman minta pelaksana pembangunan untuk memitigasi setiap potensi yang bisa menjadi kendala dan persoalan, sehingga, bisa dilakukan antisipasi sejak dini. “Jika muncul masalah, semua siap mengatasi,” pesannya.

Oman Fathurahman berharap, pembangunan Asrama Haji Indramayu juga bisa bermanfaat atau berdampak positif terhadap masyarakat setempat. Manfaat ini bisa secara spiritual, ekonomi, sosial, atau lainnya.

“Kami berharap masyarakat merasa nyaman dengan adanya asrama haji, ekonomi tumbuh, dan masyarakat bisa merasakan manfaat lainnya,” harap Oman.

Guru Besar Filologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta itu menambahkan bahwa asrama haji Indramayu diproyeksikan memiliki semacam museum haji yang berciri khas Indonesia. “Asrama haji ini bisa sekaligus menjadi pusat edukasi yang menampilkan sejarah Muslim Nusantara naik haji. Jadi, visual dan nuansanya memadukan antara haji sebagai ritual ajaran Islam dengan haji sebagai peradaban dan pengalaman spiritual,” ujarnya.

Pembangunan tahap 1terdiri atas kamar tidur, ruang kerja, dan aula. Tahap selanjutnya akan dibangun fasilitas penunjang lainnya, antara lain masjid, miniatur Ka’bah, studio manasik, dan mock up pesawat.***(edy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru