Tuesday, January 19, 2021
Home > Berita > Cianjur Raya > 5 Ribu Warga Cianjur Terima Sertifikat Tanah

5 Ribu Warga Cianjur Terima Sertifikat Tanah

5 Ribu Warga Cianjur Terima Sertifikat Tanah

Mimbar.Rakyat.Com  (Cianjur)- Sebanyak 5 ribu warga dari lima kecamatan yang ada di Kabupaten Cianjur menerima sertifikat tanah dari Badan Pertahanan Nasional (BPN) Cianjur.  Serfitikat tanah ini sebagai  percepatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) sesuai arahan dari Presiden RI, Joko Widodo.

“Saat ini baru diberikan kepada 50 orang secara simbolis. Setelah itu, baru akan diserahkan ke masing-masing desa. Lima kecamatan yang mendapatkan sertifikat ialah Kecamatan Ciranjang, Bojongpicung, Karangtengah, Gekbrong, dan Campaka,” kata Kepala BPN Cianjur, Anthony Tarigan di aula kantor BPN Jalan Raya Bandung  Selasa (10/11)

Menurut dia, di  Jawa barat,  ada 200.000 sertifikat yang diserahkan dan Cianjur menyerahkan 5.000 pada tahap pertama. Pihaknya  berharap seluruh desa terdaftar dapat menerima serifikat sesuai dengan target yang ada.

“Baru dari terdaftar itu dibukukan, artinya kalau dia sudah ikut dalam PTSL bukti kepemilikannya jelas dan dilanjutkan dengan bukti kepemilikan sertifikat,” ucapnya.

Tapi kalau secara prinsip, lanjut Anthony, satu desa yang ditetapkan diharapkan semuanya terdaftar dan pada tahun ini ada lima desa yang sudah lengkap.

“Jadi yang 18 desa lainnya itu target yang ada, berikutnya menuju target desa lengkap, artinya seluruh tanah di desa itu sudah terdaftar,” ujarnya.

Ia berharap, target 29.000 PTSL pada 2020 dapat diselesaikan, karena secara fisik sudah 98,5 persen. Artinya sudah 28.000 lebih yang dibagikan dan bahkan hampir finishing.

“Di 2021 nanti kami berharap untuk desa yang ditetapkan nanti, masyarakatnya sudah mempersiapkan surat-surat bukti kepemilikan dan identitas diri,” ungkapnya.

Karena, lanjut Anthony, apabila sudah lengkap akan diukur tanahnya lalu didaftarkan sesuai dengan target yang ditetapkan di desa itu.

“Berkas dan data lengkap misalnya identitas objeknya, tanahnya, surat-suratnya, tanahnya lengkap, dan batas tanahnya jelas. Tidak ada sengketa dan identitas pemohonnya jelas, itu pasti akan terbit sertifikat,” ujarnya.

 

Sementara itu, Pjs Bupati Cianjur, Dudi Sudrajat Abdurrochim menambahkan, hal ini berkaitan dengan upaya pemerintah mensejahterakan masyarakat. Di antaranya meningkatkan kapasitas masyarakat dengan pemberian kepastian atas kepemilikan tanah sertifikat seperti ini.

“Alhamdulillah tadi Pak Presiden juga secara nasional sudah menyerahkan secara virtual, termasuk kita tadi juga setelah mendengarkan acara Presiden kita lanjut dengan hasilnya. Kita sendiri menyerahkan untuk yang yang siap ini sebanyak 5.000 sertifikat, terus yang hadir sebanyak 50 orang, terus simbolis kita berikan 10 orang,” imbuhnya. deni ak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru