Saturday, October 24, 2020
Home > Berita > WN Tiongkok Bikin Paspor Indonesia, Diciduk Petugas Imigrasi Serang

WN Tiongkok Bikin Paspor Indonesia, Diciduk Petugas Imigrasi Serang

Ilustrasi.

MIMBAR-RAKYAT.COM (Serang) – Warga Negara Tiongkok, Wang Fuqiang, 27, diciduk petugas Kantor Imigrasi Kelas I Serang, Provinsi Banten, saat mau membuat paspor Indonesia.

Anehnya, saat melakukan permohonan paspor, warga Tirai Bambu ini, memiliki dokumen seperti Akte Kelahiran (AK), Kartu Keluarga (KK) serta Surat Keterangan sebagai pengganti KTP Elektronik yang keseluruhannya dikeluarkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Pandeglang. Padahal dia baru beberapa bulan masuk Indonesia.

Dari ketiga dokumen ini, WN Tiongkok kelahiran Fujian, 20 Juni 1989 itu sudah diganti nama aslinya menjadi Ryan Wong, lahir di Pandeglang 20 Juni 1989 yang beralamatkan Kampung
Pabuaran, Kelurahan Kadomas, Kabupaten Pandeglang.

Menurut informasi, Wang diamankan pada saat menjalani wawancara pada awal minggu lalu. Pada saat wawancara di ruang Lalulintas Keimigrasian (Lantaskim), pelaku ternyata tidak mengerti bahasa Indonesia.

Petugas curiga, setelah dilakukan pemeriksaan, pelaku akhirnya mengakui jika dirinya WN Tiongkok yang baru beberapa bulan masuk Indonesia. Petugas Imigrasi lantas menjebloskan pelaku ke dalam tahanan Imigrasi.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Serang, Montano membenarkan telah mengamankan salah seorang warga negara Tiongkok.

“Benar, kita amankan salah seorang warga asing saat melakukan permohonan paspor Indonesia. Tapi untuk jelasnya, coba konfirmasi Kasi Wasdakim. Temuin di kantornya,” ujar Montano, Rabu (24/11).

Kepala Seksi (Kasi) Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian (Wasdakim) Muhammad Reza enggan menemui wartawan. Namun Staf Seksi Wasdakim membenarkan Wang Fui Quin masih ada dalam tahanan. “Tidak tahu sudah berapa hari ditahan karena saya baru masuk habis cuti, tapi yang  pasti belum seminggu ditahan,” kata staf itu. (joh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru