Thursday, February 02, 2023
Home > Berita > Sean Gelael awali kompetisi FIA WEC 2022 dengan podium, Ricardo sebut awal baik

Sean Gelael awali kompetisi FIA WEC 2022 dengan podium, Ricardo sebut awal baik

Sean Gelael awali kompetisi FIA WEC 2022 dengan berada di podium kedua. (jagonya ayam)

Mimbar-Rakyat.com (Sebring, Florida) – Seri pembuka FIA World Endurance Championship (FIA WEC) 2022 awalnya berjalan mulus dan nyaris tanpa drama, namun pada separuh jalan hingga akhir, insiden demi insiden terjadi pada balapan bertajuk 1000 Miles of Sebring di Florida, AS, itu.

Laga itu berlangsung delapan jam mulai pukul 23.00 WIB Jumat dan berakhir pukul 07.00 WIB pada Sabtu.  Tim WRT yang diperkuat Sean Gelael dan dua mitra balapnya tampil di podium kedua.

Ayahanda Sean, Ricardo Gelael, yang dihubungi usai lomba mengatakan, bila laga tidak dihentikan, posisi tim WRT bisa saja berada di posisi yang lebih baik, alias di posisi pertama.

“Iya mungkin kalau balapan tidak dihentikan, kita bisa P1. Tetapi awal yg baik, Sean juga harus masih harus beradaptasi dengan kendaraannya. Tapi sekali lagi, terima kasih atas semua dukungan yang diberikan kepada Sean dan timnya,” kata Ricardo.

Sean Gelael, yang memacu mobil WRT bernomor 31, saat start mendapat tugas menghemat ban dan bahan bakar. Pebalap Jagonya Ayam ini tidak memaksa untuk fight di kelas LMP2. Tambahan lagi, sejak awal mobil WRT selalu tak bersahabat dengan cuaca panas saat balapan dimulai petang waktu setempat itu.

Sean berada di P8 dan P9 di sepanjang dua stint awal yang dilakukannya. Setelah itu Robin Frinjs mengambil alih kendali.

Ketika lomba terpaksa dihentikan akibat Jose Maria Lopez (Toyota) mengalami kecelakaan hebat, WRT #31 mengambil banyak keuntungan setelah balapan dilanjutkan.

Tim WRT berpose seusai merayakan podium kedua mereka. (jagonya ayam)

Posisi mereka merangkak naik dengan selisih yang juga terpangkas. Bahkan posisi dua mereka amankan dengan sangat nyaman.

Sekitar satu jam menjelang finis, badai mengintai sirkuit. Race Director, Eduardo Freitas lantas kembali menghentikan balapan. Alasannya adalah, menurut UU setempat bila ada badai maka warga harus dilindungi.

Para marshal yang bertugas di lapangan terbuka pun mesti dilindungi, sehingga balapan terpaksa dihentikan.

Namun karena kemudian hujan turun dan malam pun menjelang, lomba akhirnya dinyatakan selesai. Sean, Rene, dan Robin Frinjs dinobatkan sebagai runner-up di bawah tim United Autosports USA #23.

“Tentu saja saya senang dengan hasil ini. Finis di posisi dua adalah awal yang baik, dan bagi tim WRT lebih baik lagi karena finis di posisi dua dan tiga. Kami tentu ingin menang dan itu hanya bisa diraih dengan kerja keras. Musim masih panjang,” kata Sean.

Robin menambahkan: “Di awal lomba kami kesulitan karena suhu panas. Namun kemudian membaik. Dan menjelang finis saya berharap hujan, tapi balapan dihentikan. Bagaimanapun, ini awal yang bagus buat tim.”

“Cuaca panas benar-benar membuat kami kesulitan di awal balapan. Tapi kami kemudian bangkit saat suhu mulai lebih dingin,” ungkap Rene.

Seri berikut FIA WEC digelar di Belgia dalam titel 6 Hours of Spa-Francorchamps pada 7 Mei 2022.

Hasil 1000 Miles of Sebring

  1. United Autosports USA #23
  2. Team WRT #31
  3. Realteam by WRT #41
  4. Prema Orlen Team #9
  5. JOTA #28.

(arl)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru