Tuesday, June 25, 2024
Home > Berita > Sasaran Operasi Zebra Jaya 2023: Tak Punya SIM hingga Lawan Arus

Sasaran Operasi Zebra Jaya 2023: Tak Punya SIM hingga Lawan Arus

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Latif Usman.

Mimbar-Rakyat.com (Jakarta) – Sebanyak 2.939 personel gabungan dikerahkan dalam Operasi Zebra Jaya yang berlangsung mulai Senin 18 September 2023 sampai Minggu 1 Oktober 2023.

Direktur lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman menerangkan, sasaran dari operasi Zebra 2023 adalah seluruh pelanggaran lalu lintas baik itu yang kasat mata maupun tidak kasat mata di antaranya adalah masalah kepemilikan surat-surat kendaraan, yaitu SIM dan STNK.

Di samping itu, juga penggunaan helm, bonceng tiga, berkendara di bawah pengaruh alkohol, tidak menggunakan seat belt, dan melawan arus.

“Inilah yang menjadi sorotan di Jakarta,” kata dia di Polda Metro Jaya, Senin (18/9/2023).

Latif mengatakan, penindakan terhadap pelanggar dilakukan secara manual maupun elektronik yaitu menggunakan ETLE statis maupun ETLE mobile.

Dia mengutarakan, beberapa ruas jalan menjadi perhatian di antaranya ruas Jalan Lenteng Agung, Daan Mogot, Jalan layang non Tol (JLNT) Casablanca, Jakarta Selatan. Menurut dia, itu merupakan titik rawan kecelakaan lalu lintas.

“Itu yang kita akan konsen di situ karena kebanyakan yang meninggal dunia adalah pengguna sepeda motor, khususnya yang paling rawan adalah yang melawan arus. Ini yang menjadi sasaran utama,” ujar dia.

Operasi Zebra Jaya untuk Menekan Pelanggaran Lalu Lintas

Selain pelanggaran itu, pihaknya juga akan menyasar penggunaa kendaraan yang tidak lulus uji emisi. Dalam hal ini,Polisi akan dibantu Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta.

“Memang situasi udara di Jakarta juga belum baik-baik saja, ini juga akan menjadi target tambahan di mana kegiatan bersama Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta untuk uji emisi akan tetap kita lakukan sehingga disamping ada 3 tadi, kepatuhan, terus menenakan lakalantas, Kamtibcarlantas dan tentunya polusi udaea di jkt menjadi sasaran kita,” ujar dia

Operasi Zebra 2023 sedianya digelar pada September awal. Namun, ketika itu Polda Metro Jaya masih melaksanakan Operasi Brata Jaya yaitu pengamanan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Ke-43 ASEAN, sehingga dimundurkan. (ds/sumber Liputan6.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru