Monday, January 25, 2021
Home > Berita > Red Bull Ring Suguhkan Balapan Ketat

Red Bull Ring Suguhkan Balapan Ketat

Sirkuit Red Bull Ring, Spielberg.

MIMBAR-RAKYAT.com (Spielberg) -Sirkuit Red Bull Ring di Spielberg Austria akan menyuguhkan balapan GP2 yang sangat ketat pada akhir pekan ini, hal ini  tergambar dari catatan waktu yang dibuat para pebalap dalam sesi latihan bebas ataupun babak kualifikasi yang berlangsung Jumat (1//7) sore waktu setempat.
Pada sesi latihan bebas, pebalap tim Prema Racing yang didukung Jagonya Ayam KFC Indonesia, Antonio Giovinazzi membuat catatan waktu tercepat satu menit 13,922 detik. Pebalap asal Italia yang menjadi juara pada balapan feature dan sprint di Baku City dua minggu lalu ini melahap dua puluh putaran.
Akan tetapi, catatan waktu yang dibuat Giovinazzi ini tidak terlalu jauh dengan 11 pebalap lainnya. Rentang waktu Giovinazzi dengan 11 pebalap ini tidak lebih dari satu detik.
Pebalap muda Indonesia yang membawa bendera tim Pertamina Campos Racing Muhammad Sean Gelael mengukir waktu satu menit 14,923 detik dan menempati posisi pebalap tercepat ke-13. Buat Sean hasil ini sudah bagus, terlebih pebalap berusia 19 tahun ini juga menunjukkan “laptime” yang membaik.
Rekan setim Sean, Mitch Evans pada sesi latihan bebas belum menunjukkan performa yang meyakinkan. Pebalap asal Selandia baru ini berada di posisi ke-17 dengan catatan waktu satu menit 15,134 detik. Hasil tak memuaskan di sesi ini juga didapat pebalap Indonesia lainnya, Philo Paz Patrick Armand. Philo tertinggal hampir tiga detik dan menempati posisi paling terbawah.
Sesi latihan bebas dan babak kualifikasi berlangsung mulus dengan dukungan cuaca yang cukup cerah. Sama halnya dengan sesi latihan bebas, pada babak kualifikasi catatan waktu yang diraih pebalap juga sangat rapat. Pebalap tim ART Grand Prix, Sergey Sirotkin tampil sebagai pebalap tercepat dengan catatan waktu satu menit 13,663 detik.
Sementara Giovinazzi di posisi kedua dengan catatan waktu satu menit 13, 669. Kedua pebalap ini akan memulai balapan dari barisan paling depan pada hari Sabtu.
Sayangnya, pada sesi kualifikasi Sean tidak bisa mempertahankan catatan waktu saat sesi latihan bebas.
Sean hanya bisa membuat catatan waktu terbaik satu menit 15,122 detik. Dengan catatan waktu ini Sean akan memulai balapan dari posisi ke-19. Adapun rekannya, Mitch Evans bisa memperbaiki catatan waktunya. Evans menorehkan waktu satu menit 14, 574 detik dan akan memulai balapan dari posisi ke-10.
Direktur balap Tim Campos Pertamina Racing Philippe Gautheron mengatakan, Sean sedikit mengalami kesulitan di tikungan kelima. “Ya tentu akan kita evaluasi. Hasilnya memang kurang memuaskan. Mudah-mudahan pada balapan nanti Sean bisa membuat start yang bagus dan mendapat hasil yang lebih baik,” kata Gautheron.

Dari prediksi cuaca, balapan hari Sabtu akan diperkirakan hujan. Menurut Gautheron jika turun hujan, maka jalannya balapan akan lebih sulit diperhitungkan. Semua tim juga tidak akan mudah mengantisipasi setelan mobil yang pas untuk pebalap. “Karakter sirkuit Red Bull Ring cepat kering. Artinya, kalau hujan lebat hanya berlangsung sesaat, maka trek juga langsung cepat kering. Situasi ini yang lebih sulit diantisipasi ketimbang hujan yang konstan dan lama,” ujar Gautheron.  (SP/arl)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru