Saturday, July 20, 2024
Home > Berita > Presiden minta slot penerbangan ditambah antisipasi lonjakan turis

Presiden minta slot penerbangan ditambah antisipasi lonjakan turis

Presiden Joko Widodo. (Foto: File BPMI Setpres)

Mimbar-Rakyat.com (Jakarta) – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan Presiden Joko Widodo meminta jajarannya untuk menambah slot penerbangan guna mengantisipasi lonjakan turis domestik dan mancanegara pada musim liburan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

“Pencarian dari kegiatan wisata di Indonesia ini sudah di atas 2,8 miliar dan mengungguli Thailand, Vietnam, maupun Malaysia, perlu ditambah slot penerbangan dan tadi instruksi Bapak Presiden untuk ditambah slot penerbangan sehingga akan lebih banyak ketersediaan kursi,” kata Menparekraf Sandiaga Uno setelah rapat di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin.

Sandiaga mengatakan pergerakan pariwisata selama libur Natal 2022 dan menjelang Tahun Baru 2023 sejauh ini berjalan lancar. Pemerintah, kata dia, masih melakukan monitoring atau pengawasan dalam sepekan ke depan untuk melihat perkembangan kunjungan wisatawan pada libur Natal dan Tahun Baru.

Dia memproyeksikan jumlah pergerakan wisatawan Nusantara akan mencapai 800 juta pergerakan hingga akhir tahun atau melebihi target pemerintah yang sebesar 703 juta pergerakan. Sedangkan untuk wisatawan mancanegara, pemerintah memproyeksikan akan terjadi 5,3 juta pergerakan dari target 3,6 juta pergerakan.

Dengan rencana pemerintah untuk menambah slot penerbangan, Menparekraf Sandiaga berharap akan turut menurunkan harga tiket pesawat pada musim liburan Natal dan Tahun Baru.

Pemerintah, kata dia, sedang mengkaji untuk menambah slot penerbangan di Bandara Internasional Soekarno Hatta Tangerang, Bandara Internasional Ngurah Rai Bali, Bandara Internasional Juanda Surabaya, Bandara Internasional Yogyakarta, dan Bandara Internasional Kualanamu Deli Serdang.

“Sementara untuk penerbangan yang ke destinasi wisata adalah Wakatobi, Morotai, dan juga penambahan penerbangan ke destinasi wisata seperti di Danau Toba dan Likupang Sulawesi Utara,” kata Sandiaga Uno.  (abd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru