Tuesday, October 04, 2022
Home > Berita > Peserta Reli Danau Toba 2022 melonjak hingga 62 peserta

Peserta Reli Danau Toba 2022 melonjak hingga 62 peserta

Peserta Reli Danau Toba melonjak hingga 62 peserta. (sumatrabisnis)

Mimbar-Rakyat.com (Jakarta) – Kejuaraan Reli Danau Toba 2022 yang akan berlangsung di Aek Nauli, Parapat, Sumatera Utara,  23-25 September menarik banyak peminat, hingga hari terakhir pendaftaran Jumat,  tercatat sudah 62 peserta dari 60 kuota awal yang disediakan panitia.

“Delapan pereli tercatat sebagai peserta Asia Pacific Rally Championship atau APRC, ” kata Ir. Elwin Siregar, Clerk of the Course (Pimpinan Lomba), di Sekretariat Panitia di Medan, Jumat.

Delapan pereli yang akan saling pacu pada kejuaraan APRC adalah juara nasional 2021 Sean Gelael / Hugo Magalhaes (Citroen C3), Ryan Nirwan / Adi Indiarto (Toyota GR Yaris), Rifat Sungkar / Benjamin Richard (Mitsubishi Expander), Musa Rajekshah / Hervian Soejono (Skoda Fabia), H. Rahmad / Hade Mboi (Nissan Micra Proto), Ricardo Gelael / Rony Maron (Citroen C3), H. Atuy Faturahman / Ahmad Faisal (Skoda Fabia) dan H. Putra Rizy / H. Rizky Fauzy (Skoda Fabia).

Elwin menjelaskan, perlombaan kecepatan pada laga 12 special stage (SS) yang berlokasi di kawasan Hutan Tanaman Industri PT Toba Pulp Lestari sektor Aek Nauli, merupakan Kejuaraan Asia Cup putaran keempat, Asia Pacific Rally Championship (APRC), sekaligus sebagai Kejuaraan Nasional Rally putaran ke-2.

Pimpinan Perlombaan (Clerk of the Course) Danau Toba Rally 2022, Ir. Elwin Siregar. (waspadanews.tv)

Baik driver maupun co-driver luar negeri meramaikan event ini, seperti dari Malaysia akan datang Karamjit Singh / Jagdev Singh mengendarai Proton Gen2, pereli nasional dengan navigator asing adalah Sean Gelael dengan Hugo Magalhaes (Portugal) mengendarai Citroen C3. Ayahnya Ricardo Gelael juga turun di atas Citroen C3, dengan navigator Rony Maroun (Libanon).

Rifat Sungkar turun didampingi Benjamin Richard dari Australia dengan kendaraan Mitsubishi Expander, Ryan Nirwan dan co-driver Adi Indiarto dari Toyota Gazoo Racing Indonesia. Mereka juara umum Reli Nasional Putaran 1 2022, juga hadir kembali dengan mobil GR Yaris spesifikasi AP4 bersama sebahagian dari 10 besar Kejurnas lalu.

Musa Rajekshah / Hervian Sorjono akan berlaga mengendarai Skoda Fabia. Mereka memacu Subaru Impreza pada Kejurnas putaran pertama di tempat sama.

Hadir juga peserta wanita, diwakili Qanita Syahshiyah dan co-driver Julian Puspa Andari dari Eurostar Racing Team dengan mengendarai Proton New Saga.

“Tujuan utama digelarnya Danau Toba Rally adalah untuk meningkatkan serta mempromosikan Danau Toba melalui event-event sport tourism internasional yang menumbuhkembangkan banyak sektor di kawasan Sumut,” kata Elwin.

Elwin menambahkan, tingginya antusiasme serta suksesnya Danau Toba Rally sebelumnya, membuat Federasi Otomotif Internasional (FIA) sudah menawarkan Indonesia sebagai tuan rumah untuk dua seri APRC pada 2023.

“Danau Toba Rally APRC 2022 terbuka untuk umum. Terdapat beberapa titik yang cukup menarik untuk penonton tanpa dipungut bayaran, alias gratis, dengan tetap memperhatikan faktor keamanan penonton,” kata Elwin.  (arl)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru