Thursday, December 02, 2021
Home > Olahraga > Sepakbola Dunia > Papp Menangkan Romania 2-0 Atas Irlandia Utara

Papp Menangkan Romania 2-0 Atas Irlandia Utara

MIMBAR-RAKYAT.com (Bukarest) – Romania menundukkan Irlandia Utara 2-0 ketika Paul Papp mencetak dua gol dalam waktu lima menit pada babak kedua, ketika mereka melampui lawannya untuk memuncaki klasemen Grup F kualifikasi Piala Eropa 2016 di Arena Nasional,Jumat (Sabtu WIB). 

Romania kesulitan melakukan sentuhan akhir saat medominasi permainan pada babak pertama dan mereka menyia-nyiakan sejumlah peluang di mana pemain veteran Lucian Sanmartean kembal dimainkan di lini tengah. 

Namun bek kanan Papp melepaskan tembakan kaki kiri yang tidak dapat dihentikan ke sudut atas gawang yang menjadi gol internasional keduanya, setelah tim tamu gagal menghalau umpan silang dari kapten Romania Razvan Rat pada menit ke-74.

Lima menit kemudian, Papp tidak memberi kesempatan bagi kiper Irlandia Utara Roy Carroll, melalui tandukan brilian menyusul umpan silang akurat dari Sanmartean.

Romania yang belum terkalahkan memuncaki klasemen dengan sepuluh angka dari empat pertandingan, diikuti Irlandia Utara, yang tiba di Bukarest dengan sembilan angka maksimal dari tiga pertandingan.

Anghel Iordanescu, yang kembali pada bulan lalu untuk menjalani masa kerja ketiganya sebagai pelatih Romania, mempertahankan sistem 4-2-3-1 yang merupakan favorit pendahulunya Victor Piturca, di mana Bogdan Stancu dimainkan sebagai penyerang tunggal karena absennya Bgdan Marica dan Raul Rusescu yang cedera.

Pelatih Irlandia Utara Michael O’Neill melakukan tiga perubahan dari tim yang menang 2-0 atas Yunani di Athena bulan lalu, di mana Niall McGinn dan Chris Bunt menggantikan Jamie Ward dan Steven Taylor di lini tengah, dan Ryan McGivern mengisi posisi bek kiri karena cederanya Shane Ferguson.

Tendangan bagus

Pemain Romania yang merayakan ulang tahun ke-25nya Vlad Chiriches, yang mendapat tugas untuk mengawal Kyle Lafferty, menguji Carroll dengan tendangan overhead setelah Chris Baird gagal menyapu bola.

Tim tamu merespon dengan serangan balik cepat, dan Brunt melepaskan tembakan kaki kiri yang masih melebar, namun mereka masih beruntung karena tuan rumah gagal memanfaatkan dua peluang bagusnya.

Upaya Alexandru Chipciu membentur mistar gawang ddari umpan silang pemain sayap kiri Cristian Tanasa, sebelum tandukannya mengarah lurus ke tangan Carroll dari bola pantul.

Sebelum menit ke-30, Sanmarten merangsek ke kotak penalti dengan solo run, namun saat ia hanya tinggal menaklukkan Carroll, ia menyodorkan bola kepada Stancy yang terjatuh, sehingga pertahanan Irlandia dapat menyapu bola.

Claudiu Keseru, yang menggantikan Stancu yang tampil tidak efektif saat turun minum, memainkan bola umpan terobosan kepada Rat, namun kapten tuan rumah gagal menaklukkan Carroll dalam situasi satu-lawan-satu.

Romania kemudian gagal mendapat penalti setelah Sanmartean dijauthkan Ryan McGivern, yang melakukan intersep penting untuk menggagalkan peluang Gabriel Torje beberapa menit sebelumnya.

Cerita indah Irlandia Utara di kualifikasi akhirnya mulai berakhir ketika Papp mencetak dua gol dalam rentang waktu singkat, memicu kegembiraan besar-besaran dari para pendukung Romania.

Romania menjamu Kepulauan Faroe – yang secara mengejutkan menang 1-0 atas Yunani di Athena pada Jumat – pada pertandingan kualifikasi mereka berikutnya yang akan dimainkan pada 29 Maret, sedangkan Irlandia Utara, yang gagal berpartisipasi di turnamen utama sejak Piala Dunia 1986, menjamu Finlandia di hari yang sama.  (KB)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru