Tuesday, January 19, 2021
Home > Berita > NU Kehilangan 2 Tokoh, KH Hasyim Muzadi dan KH R. Abdul Basith

NU Kehilangan 2 Tokoh, KH Hasyim Muzadi dan KH R. Abdul Basith

KH R Abdul Basith, Tokoh NU di Sukabumi. (ist)

MIMBAR-RAKYAT.Com (Sukabumi) – Dua tokoh Nahdhatul Ulama (NU) yakni KH Hasyim Muzadi dan KH Raden Abdul Basith wafat, meninggalkan duka mendalam bagi masyarakat, tak terkecuali bagi warga Sukabumi.

Ucapan bela sungkawa dan doa terus mengalir dari komponen masyarakat, termasuk dari Anggota DPR RI asal Partai Gerindra, Heri Gunawan yang berangkat dari daerah pemilihan (dapil) Jabar IV yang melingkupi Kota dan Kabupaten Sukabumi.

Mantan Ketua Umum PB NU KH Hasyim Muzadi mengembuskan napas terakhir di usia 72 tahun di kediamannya Jalan Cengger Ayam Malang, Jawa Timur, Kamis (16/3) pagi.

Sementara Ketua Pimpinan Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Sukabumi, KH. R. Abdul Basith pada usia 53, meninggal ketika di perjalanan Umrah ke Tanah Suci Mekkah pada Rabu (15/3) siang, waktu Dubai, Uni Emirat Arab (UEA).

KH. R. Abdul Basith aktif sebagai pimpinan Pondok Pesantren Al-Amin, Cicurug, Kabupaten Sukabumi.

“Wafatnya sosok yang punya komitmen tinggi membangun umat adalah kehilangan yang besar bagi bangsa dan warga Sukabumi utamanya warga NU. Kedua tokoh ini merupakan sosok yang selalu mengajak, membangun, dan menggerakkan ikjuwah (persaudaraan) dengan siapapun tanpa harus mengotak-ngotakkan suku, agama, dan bangsa,” ungkap HG, sapaan akrab Heri Gunawan.

“Semoga dedikasi dan perjuangan nilai merekatkan persaudaraan bisa diwarisi oleh generasi setelahnya, utamanya dalam membangun nilai-nilai kemanusiaan,” tutupnya. (joh)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru