Tuesday, September 29, 2020
Home > Berita > Menang Besar, Tim Inggris Lolos, Jepang Masih Berpeluang

Menang Besar, Tim Inggris Lolos, Jepang Masih Berpeluang

Pemain Jepang melakuka selebrasi setelah menjebol gawang Senegal. (reuters)

MIMBAR-RAKYAT.Com (Rusia) – Menang besar 6-1 atas Panama, Tim Inggris lolos ke 16 besar Piala Dunia di Rusia. Pada laga lanjutan Grup G di Stadion Nizhny Novgorod, Minggu (24/6) malam WIB, The Three Lions mengemas 6 gol, tiga di antaranya diciptakan kapten Harry Kane.

Tiga gol lagi dicetak bek John Stones melalui tandukkan satu gol lagi dibuat gelandang Jesse Lingard melalui tendangan voli indah dari luar kotak penalti. Sementara, satu gol hiburan bagi Panama didapat dari pemain pengganti, Felippe Baloy.

Inggris yang bernafsu lolos lebih cepat ke perdelapan final langsung menekan sejak menit-menit awal. Terbukti, mereka langsung memimpin 1-0 di menit ke-8, melalui tandukan Jones Stone memanfaatkan sepak pojok Kieran Trippier.

Stones yang berhasil lolos dari penjagaan Murilo dengan mudahnya menyundul bola hingga membuka keunggulan. Skor 1-0 untuk Inggris.

Untuk menyamakan kedudukan, Panama kemudian berusaha menekan dengan memanfaatkan serangan balik. Namun sayang penyelesaian akhir mereka tidak akurat.

Seperti pada menit ke-16, gelandang Edgar Barcenas berdiri pada posisi terbuka untuk mencetak gol. Namun, bola sepakannya dari luar kotak penalti menyamping tipis di sisi kanan gawang Jordan Pickford.

Malah, Inggris kemudian menambah keunggulan dari titik putih setelah Jesse linggard yang mendapat umpan lambung dari lini tengah dijatuhkan Fidel Escobar di kotak terlarang. Harry Kane yang ditunjuk menjadi algojo menjalankan tugasnya dengan sempurna pada menit 22, sepakan penaltinya menembus mulus pojok kanan gawang Jaime Penedo.

Tak ingin tertinggal lebih jauh, Panama kembali mencoba menekan Inggris untuk mencari celah gol. Namun lagi-lagi mereka harus kecewa karena peluang yang tercipta tak membuahkan hasil.

Di menit ke-36 Inggris justru menambah keunggulan berkat gol indah dari Jesse Lingard. Gelandang Mancheter United ini melepaskan tendangan voli yang keras dari luar kotak penalti setelah saling umpan dengan Raheem Sterling. Bola pun meluncur dengan indah ke pojok kiri gawang Penedo.

Belum puas menarik napas, Penedo kembali dipaksa memungut bola dari gawangnya setelah John Stones kembali berhasil memanfaatkan bola liar yang memantul ke arahnya. Tandukan pelannya berhasil menambah keunggulan 4-0 untuk Inggris.

Menjelang turun minum, Inggris kembali mendapat penalti setelah Kane didorong di kotak terlarang. Striker Tottenham Hotspur itu pun lagi-lagi sukses menjadi algojo. Inggris benar-benar menguasai babak pertama dan tidak membiarkan Panama nyaman di barisan pertahanannya. Skor 5-0 untuk Inggris pada babak pertama.

Setelah pesta gol di babak pertama, Inggris kembali menunjukkan dominasinya pada babak kedua. Terbukti, skuat asuhan Gareth Southgate ini berhasil menambah pundi-pundi gol mereka melalui Harry Kane pada menit 62.

Gol yang dihasilkan Kane sekaligus melengkapi hat-tricknya ini terlihat dibuat tanpa sengaja. Berawal dari tendangan jarak jauh Loftus Cheek, bola sepakannya meluncur deras ke tumit Kane yang sedang berlari. Bola yang berbelok arah kemudian melambung dan masuk gawang Panama.

Panama akhirnya berhasil mencetak gol pada menit 78. Satu-satunya gol balasan itu dicetak oleh Felipe Baloy, pemain yang baru masuk menggantikan Gabriel Gomez pada menit 69. Pemain 37 tahun itu berhasil menyambar bola tendangan bebas dari luar kotak penalti.

Golnya ini pun sempat membuat Baloy menangis. Pasalnya, gol ini tidak hanya tercatat sebagai gol pertama Panama sepanjang sejarah Piala Dunia. Namun, juga menjadikan Baloy sementara ini sebagai pencetak gol tertua di Piala Dunia 2018.

JEPANG vs SENEGAL IMBANG

Hasil Jepang vs Senegal 2-2 didapatkan kedua tim pada laga lanjutan fase Grup H Piala Dunia 2018 di Ekaterinburg Arena, Minggu 25 Juni 2018.

Dengan hasil ini, Jepang dan Senegal sama-sama memuncaki klasemen Grup H dengan mengumpulkan 4 poin dan selisih gol yang sama dan berpeluang sama lolos.

Keduanya harus menang dalam pertarungan terakhir mereka. Jepang akan menghadapi Polandia sementara Senegal akan meladeni Kolombia.

Sejak awal pertandingan, Senegal langsung melancarkan serangan-serangan menggunakan kecepatan yang dimiliki lini depannya ke jantung pertahanan Jepang. Hasilnya, gol cepat tercipta hanya 11 menit setelah pertandingan dimulai.

Tendangan Youssouf Sabaly yang diterima dari kesalahan Genki Haraguchi saat membuang bola, berhasil ditepis kiper Jepang Masaaki Higashiguci. Namun, bola tepisannya memantul ke kaki Sadio Mane yang membuat Senegal unggul 1-0.

Jepang yang tertinggal tidak menyia-nyiakan waktu langsung keluar menekan pertahanan Senegal dengan penguasaan-penguasan bola. Hingga gol balasan terjadi di menit 34, tendangan melengkung dari Takashi Inui ke sisi jauh gawang tidak bisa dijangkau oleh Khadim Ndiaye.

Serangan balik Senegal menghasilkan peluang untuk menggandakan gol tapi gagal dimanfaatkan Mbaye Niang karena tendangannya dimuka gawang masih bisa patahkan kiper Jepang.

Pertandingan makin alot dengan serangan yang dipertontonkan kedua tim. Dan hingga akhir babak pertama, skor masih imbang 1-1.

KOLOMBIA DEPAK POLANDIA 3-0

Partai ‘hidup-mati’ dipastikan tersaji antara Senegal dengan Kolombia demi lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2018 pada laga pamungkas babak penyisihan Grup H di Samara Arena, Kamis (28/6) pukul 21:00 WIB.

Ini terjadi setelah Kolombia berhasil menghidupkan asa mereka ke babak selanjutnya, usai mendepak Polandia di Kazan’ Arena, Senin (25/6) dinihari WIB.

Kemenangan atas Polandia 3-0 tetap membuat Kolombia berada di urutan ketiga Grup H dengan tiga angka. La Tricolor terpaut satu angka dari ‘Samurai Biru’ Jepang dan Senegal di urutan dua teratas.

Kolombia dan Senegal pun dipastikan ‘saling bunuh’ di Samara Arena demi tiket ke fase gugur. Berdasarkan regulasi FIFA, urutan tim akan ditentukan berdasarkan head to head, produktivitas dan selisih gol antara dua tim atau lebih jika memiliki poin yang sama.

Jika Jepang secara mengejutkan kalah dari Polandia di laga pamungkas, hasil imbang kontra Senegal tetap tidak cukup bagi Kolombia untuk lolos ke fasa selanjutnya, meski unggul produktivitas gol.

Satu-satunya jalan bagi Kolombia ke babak 16 besar pun ditentukan dengan kemenangan atas Senegal . Maklum, Kolombia kalah head to head dari Jepang setelah kalah 1-2 pada laga perdana. Situasi itu tentunya akan membuat usaha Senegal untuk menjaga asa ke babak selanjutnya, menjadi lebih ringan.

Pasalnya, Singa dari Teranga hanya butuh hasil imbang untuk melanjutkan langkah mereka ke babak 16 besar. Sedangkan Polandia sudah tidak memiliki ambisi apa pun untuk menang atas Jepang di laga pamungkas setelah menempati juru kunci, tanpa angka. (i/dir)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru