Thursday, May 06, 2021
Home > Berita > Ma’had Aly Mudi Mesjid Raya Aceh Buka Jenjang S2

Ma’had Aly Mudi Mesjid Raya Aceh Buka Jenjang S2

Ma'had Aly Mudi Mesjid Raya Aceh Buka Jenjang S2. (kemenag)

Mimbar-Rakyat.com (Biruen, Aceh) – Ma’had Aly Mudi Mesjid Raya Aceh membuka jenjang Strata 2 (S2) atau Marhalah Tsaniyah, ditandai dengan penyerahan SK dan peresmian Marhalah Tsaniyah oleh Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren, Waryono Abdul Ghafur.

Penyerahan SK berlangsung di kampus Ma’had Aly Mudi Mesjid Raya, Biruen Aceh, belum lama ini.

Waryono mengatakan, Ma’had Aly harus berlari kencang untuk meningkatkan level kualitasnya agar dapat bersaing dengan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam lainnya.

Menurutnya, hal itu penting dilakukan karena negara sudah merekognisi eksistensi Ma’had Aly sebagai bagian dari Pendidikan Tinggi di Indonesia.

“Ma’had Aly kan sudah diakui oleh negara, sekarang yang harus dilakukan adalah membuktikan bahwa Ma’had Aly itu pantas dan berkualitas, sehingga kita mampu bersaing dengan perguruan tinggi lainnya,” kata Waryono seperti dilansir kemenag.go.id.

Salah satu persyaratan dibukanya penyelenggaraan Ma’had Aly Marhalah Tsaniyah atau jenjang S2 adalah sudah terakreditasi A atau berpredikat Mumtaz. Saat ini, masih banyak Ma’had Aly di Provinsi Aceh yang baru berpredikat Maqbul atau setara akreditasi C. Waryono berharap hal itu segera dibenahi.

“Untuk re-akreditasi agar mendapatkan predikat Mumtaz, harus menyiapkan kualitas kelembagaan yang baik, dosen-dosenya harus berkualifikasi S2 minimal,” jelas Waryono.

Waryono menambahkan, pihaknya melalui subdit Pendidikan Diniyah dan Ma’had Aly akan memberikan beasiswa melanjutkan S2 untuk dosen-dosen Ma’had Aly yang masih S1.

Hadir juga dalam kunjungan tersebut,  Pengasuh Dayah Mudi Mesjid Raya, Abu Hasanoel Basry, Kepala Kemenag Wilayah Provinsi Aceh, M. Iqbal, Kepala Dinas Pendidikan Dayah Provinsi Aceh Zahrol Fajri, Kepala Bidang Pontren Kanwil Aceh, Maysuri dan seluruh mudir Ma’had Aly se- Aceh.

Dalam kesempatan itu, pengasuh Dayah Mudi Mesjid Raya menyampaikan terima kasih atas kedatangan Direktur PD Pontren di Bireun.

Ia berharap peresmian Marhalah Tsaniyah (M2) Ma’had Aly Mudi Mesjid Raya menjadi motivasi anak santri di Aceh untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

“Terima kasih Pak Direktur, sudah hadir di Aceh. Semoga ini bisa jadi berkah dan tentunya memotivasi santri-santri di seluruh Dayah di Aceh,” ujar Abu. (arl)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru