Wednesday, November 25, 2020
Home > Berita > Liliyana Natsir pemain terbaik puteri dekade ini

Liliyana Natsir pemain terbaik puteri dekade ini

Keterangan foto - Lilyana Natsir, pemain terbaik putri dekade ini, pilihan nitizen. (bwfbadminton.com)

Mimbar-Rakyat.com (Jakarta) –  Para pengguna twitter memilih pemain ganda campuran Liliyana Natsir sebagai pemain bulu tangkis puteri terbaik sepanjang dekade 2010-an melalui jajak pendapat yang diadakan badan resmi Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF).

Pemain Indonesia juara Olimpiade itu, minggu ini, terpilih sebagai yang terbaik dari 20 pemain hebat pada dekade terakhir ini, setelah melalui lima putaran pemilihan dengan sistem gugur.

Atlet Indonesia yang dikenal dengan nama Butet itu – empat kali juara dunia – dianggap pemilihnya lebih baik ketimbang peraih medali emas Olimpiade Rio 2016, Carolina Marin dari Spanyol.

Pada pemilihan tahap akhir,  seperti dilansir laman badan bulu tangkis dunia bwfbadminton.com, Liliyana memenangi jajak pendapat dengan perolehan 69,4 persen suara, mengalahkan pebulu tangkis tunggal putri nomor satu dunia asal China-Taipei Tai Tzu Ying yang berada di posisi kedua dengan raihan 30,6 persen.

Pemain handal yang kini berusia 35 tahun ini, juga berhasil meenyisihkan Carolina Marin (Spanyol), Huang Yaqiong (China), dan Ayaka Takahashi (Jepang).

Butet dalam akun medsos instagram menyatakan rasa syukur bisa mendapatkan penghargaan tersebut. Ia berterima kasih kepada seluruh teman dan penggemarnya yang telah memilihnya.

“Terima kasih Tuhan dan terima kasih juga kepada teman-teman saya yang telah memilih saya. Kalian luar biasa,” tulisnya.

Sepanjang berkarier sebagai pebulu tangkis profesional, berbagai gelar juara diraihnya. Ia tercatat telah mengoleksi 51 gelar internasional, termasuk medali emas pada Olimpiade 2016 Rio de Janeiro bersama rekannya, Tontowi Ahmad.

Selain itu, ia juga berhasil merebut gelar di ajang bergengsi lainnya, yakni empat gelar Kejuaraan Dunia pada 2005, 2007, 2013, dan 2017 yang diraihnya bersama Nova Widianto dan Tontowi Ahmad

Butet mengundurkan diri dari kancah laga bulu tangkis mulai tahun lalu.

Laga utama Lilyana Natsir :

  • 2014: Lilyana dan Tantowi  menjadi satu-satunya pemain yang tiga kali berurutan memenangi gelar All England.
  • 2016: Pemain wanita kedua Indonesia berurutan meraih medali emas Olimpiade.
  • 2016: Pemain pertama dari Indonesia bermain dalam dua final  Olimpiade. Ia meraih medali perak di Beijing, 2008.
  • 2016: Ia dan Tantowi pemain pertama Indonesia meraih gelar juara ganda campuran di Olimpiade.
  • 2017: Pemain ganda campuran paling sukses dalam sejarah Kejuaraan Dunia (meraih empat gelar).  (arl)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru