Tuesday, April 13, 2021
Home > Berita > Legenda tinju Marvin Hagler meninggal pada usia 66 tahun

Legenda tinju Marvin Hagler meninggal pada usia 66 tahun

Marvin Hagler (kanan) saat melawan Thomas Hearns April 1985. Dia meninggal Sabtu, 13 Maret 2021 dalam usia 66 tahun. (Foto: File AP/Arab News)

Mimbar-Rakyat.com (Washington) – Legenda tinju Marvin Hagler, juara kelas menengah tak terkalahkan dari 1980 hingga 1987, meninggal pada Sabtu (13/3) di usia 66 tahun. Dalam sebuah postingan di halaman Facebook , istrinya Kay G. Hagler menyatakan, suaminya meninggal di rumah keluarganya.

“Saya minta maaf untuk membuat pengumuman yang sangat menyedihkan. Hari ini sayangnya suamiku tercinta Marvin Marvin meninggal secara tak terduga di rumahnya di New Hampshire, ”tulisnya. “Keluarga kami meminta Anda menghormati privasi kami selama masa sulit ini.”

“Luar biasa” Marvin Hagler bertarung dari tahun 1973 hingga 1987 dan memberikan beberapa pertarungan epik di era keemasan olahraga, diakhiri dengan rekor 62-3 dengan dua kali seri dan 52 menang KO. Demikian dikutip dari Arab News.

Kemenangan kidal yang paling digembar-gemborkan terjadi dalam pertarungan 1985 di Caesars Palace di Las Vegas melawan Thomas “Hitman” Hearns yang hanya berlangsung selama delapan menit tetapi dianggap sebagai klasik.
Setelah ronde pertama diisi dengan power punch di mana Hearns mengalami patah tangan kanan, Hagler mengalami luka di kepala di awal ronde kedua.

Seorang dokter di tepi ring memeriksa Hagler di ronde ketiga dan pertarungan berlanjut. Hagler mengguncang Hearns dengan kekuatan kanan dan mengirimnya ke kanvas beberapa saat kemudian, Hearns bangkit hanya untuk jatuh ke pelukan wasit Richard Steele.

Hagler memenangkan gelar kelas menengah Dewan Tinju Dunia dan Asosiasi Tinju Dunia pada tahun 1980, menghentikan Alan Minter dari Inggris pada putaran ketiga di Wembley Arena London, dan menambahkan gelar perdana Federasi Tinju Internasional pada tahun 1983.

Hagler mempertahankan mahkota yang tidak perlu dipersoalkan sebanyak 12 kali, termasuk kemenangan dengan suara bulat dalam 15 putaran atas Roberto Duran dari Panama pada tahun 1983 dan kemenangan terakhirnya, sebuah KO pada ronde ke-11 dari John Mugabi yang tidak terkalahkan dari Uganda pada tahun 1986.

“Marvin Hagler yang luar biasa adalah salah satu atlet terhebat yang pernah dipromosikan Peringkat Tertinggi,” kata promotor AS legendaris Bob Arum. “Dia adalah pria terhormat dan pria yang setia, dan dia tampil di atas ring dengan tekad yang tak tertandingi.

“Dia adalah atlet sejati dan pria sejati. Aku akan sangat merindukannya, “tambah Arum tentang Hagler, anggota” Four Kings “divisi kelas menengah tahun 1980-an bersama dengan Hearns,” Sugar “Ray Leonard dan Duran.

Lebih dari satu dekade dari 1976 hingga 1986, Hagler tidak terkalahkan dengan 36 kemenangan dan sekali imbang.
Dinobatkan sebagai Fighter of the Year pada tahun 1983 dan 1985 oleh Asosiasi Penulis Tinju Amerika, dan sebagai Fighter of the Decade pada 1980-an oleh Boxing Illustrated.

Dia membawa 16 kemenangan beruntun, termasuk pertarungan dengan Leonard pada tahun 1987 di usia 32.
Leonard, yang keluar dari masa pensiun tiga tahun pada usia 30, mengambil keputusan split 12 ronde yang kontroversial dan meluncurkan kembalinya ke atas ring saat Hagler – yang marah dengan skor tersebut – mengucapkan selamat tinggal.

Setelah keluar dari ring, Hagler tampil sebagai komentator tinju. Dia dikukuhkan dalam Hall of Fame Tinju Internasional pada tahun 1993.***(edy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru