Tuesday, September 22, 2020
Home > Berita > Italia Memperlonggar Kuncian Mulai 4 Mei, Sebanyak 2,97 Juta Terpapar di Dunia dan 206.000 Meninggal

Italia Memperlonggar Kuncian Mulai 4 Mei, Sebanyak 2,97 Juta Terpapar di Dunia dan 206.000 Meninggal

Italia yang memberlakukan batasan (penguncian) ketat sejak beberapa minggu lalu untuk mengekang penyebaran virus corona berencana memperlonggar kuncian mulai 4 Mei.(Foto: EPA/BBC News)

Italia yang memberlakukan batasan (penguncian) ketat sejak beberapa minggu lalu untuk mengekang penyebaran virus corona berencana memperlonggar kuncian mulai 4 Mei.(Foto: EPA/BBC News)

mimbar-rakyat.com – Sejumlah negara di seluruh dunia termasuk Australia, Selandia Baru, Iran dan Spanyol bergerak untuk memperlonggar “penguncian” virus corona karena kasus harian dan kematian melambat. Bahkan Italia telah mengumumkan akan melonggarkan kontrol mulai 4 Mei.

Sementara itu setidaknya 1,3 juta warga Australia telah mengunduh aplikasi pelacakan COVIDsafe pemerintah, karena dukungan untuk Perdana Menteri Scott Morrison melonjak berkat penanganan wabahnya. Demikian laporan Kate Mayberry dan Usaid Siddiq untuk Al Jazeera seperti dikutip mimbar-rakyat.com.

Kini di seluruh dunia, jumlah orang yang dikonfirmasi terpapar virus corona telah meningkat menjadi lebih dari 2,97 juta dan setidaknya 206.000 telah meninggal. Begitu menurut data yang dikumpulkan oleh Universitas Johns Hopkins. Sekitar 868.000 orang telah pulih.

Berikut ini adalah pembaruan terbaru, Senin, 27 April:
07:05 GMT – Anak-anak kembali ke sekolah di Norwegia.
Norwegia, yang mengatakan memiliki epidemi koronavirus baru di bawah kendali, membuka kembali sekolah dasar pada hari Senin, dalam langkah lain menuju normalisasi bertahap, meskipun beberapa orang tua menyatakan keprihatinan.

Satu minggu setelah sekolah pembibitan, siswa berusia enam hingga 10 mulai kembali ke meja sekolah mereka setelah enam minggu belajar jarak jauh dari rumah di negara Nordik. Namun kelas dikurangi menjadi maksimal 15 siswa.

Norwegia secara progresif mulai mencabut pembatasan yang diberlakukan pada 12 Maret untuk memerangi penyebaran virus corona baru.

06:44 GMT – Inggris membuat kemajuan yang baik dengan tes antibodi.
Inggris terus menguji apakah tes antibodi dapat digunakan dalam perang melawan virus corona baru dan berharap itu akan berhasil, kata menteri kesehatan junior Edward Argar.

“Tes terus diuji, tandanya saat ini positif tetapi kami belum sampai di sini mengatakan ini 100 persen akan berfungsi,” katanya kepada Talk Radio.

06:20 GMT – Pakistan memperpanjang larangan penerbangan hingga 15 Mei.
Pakistan telah memperpanjang larangan semua penerbangan internasional ke dan ke luar negeri, dengan pengecualian tertentu, hingga 15 Mei, Otoritas Penerbangan Sipil negara (CAA) telah mengumumkan.

“Sesuai keputusan yang diambil oleh pemerintah Pakistan, penangguhan pengoperasian semua penumpang internasional, penerbangan charter dan pesawat pribadi ke Pakistan diperpanjang hingga Jumat, 15 Mei 2020,” kata Pemberitahuan kepada Penerbang (NOTAM) yang dikeluarkan oleh CAA .

“Satu-satunya pengecualian di atas adalah diplomatik, penerbangan khusus / kargo dan penerbangan dari maskapai nasional ke / dari Pakistan yang memegang persetujuan khusus dari otoritas yang kompeten untuk mengangkut penumpang yang terdampar, namun, penumpang di atas setiap atau semua penerbangan yang masuk akan dikenakan pemeriksaan menyeluruh sesuai prosedur yang ditetapkan termasuk penyaringan, pengujian swab dan isolasi / karantina sesuai saran dari para profesional kesehatan. ”

Pemerintah telah mengizinkan penerbangan untuk memungkinkan warga Pakistan yang terdampar di bagian lain dunia untuk pulang ke rumah, serta bagi warga negara asing untuk kembali ke negara asal mereka melalui penerbangan yang diatur oleh pemerintah masing-masing.

05:45 GMT – Jerman, Thailand, Pakistan melaporkan kasus virus corona terbaru.
Sejumlah negara telah memperbarui data mereka pada coronavirus.

Thailand telah melaporkan sembilan kasus baru dan satu kematian, Robert Koch Institute Jerman melaporkan 1.018 kasus baru dan 110 kematian dan Pakistan telah melaporkan 605 kasus baru dengan total kematian meningkat menjadi 281.

Pakistan mengatakan mereka juga akan memperkenalkan program karantina uji-jejak. Itu menurut Asad Hashim dari Al Jazeera yang melaporkan kebijakan itu telah disetujui pada pertemuan tingkat tinggi pekan lalu.

“Ini adalah kebijakan baru di mana pemerintah provinsi dengan dukungan pemerintah kabupaten. Akan mencari kontak dari kasus-kasus yang dikonfirmasi dan mengujinya,” kata Zafar Mirza, menteri kesehatan negara itu. “Jika ada yang ditemukan positif, mereka akan dikarantina.”

04:45 GMT – Korea Selatan menyelidiki bagaimana pasien mendapatkan coronavirus lagi.
Korea Selatan membuat langkah besar dalam menangani coronavirus.  Mencari tahu apakah itu infeksi ulang atau reaktivasi dapat menjadi penting untuk upaya mengembangkan vaksin.

03:25 GMT – Selandia Baru bersiap untuk keluar dari penguncian ketat.
Selandia Baru sedang bersiap pada hari Senin untuk keluar dari penguncian selama sebulan yang termasuk yang paling ketat di dunia.

Parlemen dan pengadilan akan dibuka kembali, dan sekitar 400.000 orang diperkirakan akan kembali bekerja di bawah kondisi yang ketat. Beberapa anak juga akan dapat pergi ke sekolah. Layanan pengiriman – ditangguhkan di bawah Level 4 – juga akan dilanjutkan.

02:30 GMT – China melaporkan hanya tiga kasus baru di daratan.
Komisi Kesehatan Nasional China mengatakan pada hari Senin, daratan telah mengkonfirmasi hanya tiga kasus baru coronavirus dan tidak ada kematian baru.

Dari kasus-kasus baru, dua di antara orang-orang yang kembali dari luar negeri, sementara yang lain berada di provinsi utara Heilongjiang yang berbatasan dengan Rusia.

02:00 GMT – Warga Australia buru-buru mengunduh tracing app, popularitasnya melonjak.
Sekitar 1,3 juta warga Australia telah mengunduh aplikasi pelacakan COVIDSafe pemerintah sejak diluncurkan pada hari Minggu.

Menteri Kesehatan Greg Hunt mengatakan aplikasi ini diperlukan untuk membantu “para ahli penyakit menemukan orang-orang yang mungkin telah terpapar” dan bahwa penerapannya telah melampaui harapan.

Lonjakan unduhan saat jajak pendapat baru menunjukkan peringkat persetujuan Perdana Menteri Scott Morrison naik menjadi 68 persen pada penanganan wabahnya, peringkat persetujuan tertinggi untuk pemimpin Australia sejak 2008.

00:30 GMT – Italia Conte mengumumkan pelonggaran kuncian mulai 4 Mei.
Perdana Menteri Italia Giuseppe Conte telah mengumumkan tahap kedua kuncian Italia akan diatur lagi mulai dari 4 Mei.

Di bawah rencana, bar dan restoran akan dapat menyediakan takeaway serta pengiriman, dan orang-orang akan diizinkan untuk bergerak di sekitar daerah mereka sendiri, tetapi tidak di luar. Pabrik dan situs konstruksi juga akan dapat melanjutkan pekerjaan, asalkan mereka menjaga jarak sosial dan protokol kesehatan lainnya.

“Kami mengharapkan tantangan yang sangat kompleks,” kata Conte. “Kami akan hidup dalam ancaman virus dan kami harus mengadopsi setiap tindakan pencegahan yang mungkin.”

Museum dan galeri dapat dibuka kembali mulai 18 Mei dan tim olahraga juga akan diizinkan untuk melanjutkan pelatihan kelompok.

00:00 GMT – Trump menolak laporan bahwa dia berencana memecat sekretaris kesehatan.
Presiden AS Donald Trump menolak – dalam tweet – bahwa ia berencana memecat Sekretaris Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan Alex Azar.

Trump menggambarkan laporan itu sebagai “Berita Palsu” dan mengatakan Azar melakukan “pekerjaan yang sangat baik”.***sumber Al Jazeera dan kantor berita, Gogle. (edy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru