Monday, January 25, 2021
Home > Gaya Hidup & Kesehatan > [Video] Hati-Hati Mengolah Informasi

[Video] Hati-Hati Mengolah Informasi

Cara mengelola informasi yang benar — Saat ini informasi semakin membanjiri kehidupan kita sehari-hari, informasi bisa datang dari mana saja, baik itu dari teman, dari radio, dari tv, dan yang paling mudah saat ini adalah dari internet.

Informasi di internet saat ini sangat mudah didapat, cukup mengetik di google maka apapun bisa kita ketahui, bahkan yang paling mengerikan dari informasi saat ini yaitu informasi diantarkan langsung ke muka kita, meskipun informasi itu tidak kita inginkan.

Informasi diantarkan kemuka kita melalui sosial media, pasti anda sering menemukan informasi yang di bagikan oleh teman kita melalui facebook, kita yang sebenarnya hanya ingin membaca status teman malah menemukan berita dari sebuah website online yang di bagikan ke timeline facebook kita oleh seorang teman.

Contoh lain yaitu maraknya broadcast message di blackberry messenger (BBM) tentang suatu informasi, kita yang sebenarnya tidak menginginkan informasi tersebut terpaksa menerimanya karena informasi tersebut diantarkan langsung ke muka kita melalui layar ponsel atau komputer tablet yang kita miliki.

Cara-cara tersebut tentu memiliki dampak buruk bagi seseorang, bisa membahayakan juga jika informasi tersebut tidak di kelola dengan banar. Seseorang yang terlanjur tertarik dan bernafsu tentang berita tersebut langsung saja tanpa ragu menyebarkan kembali informasi tersebut kepada orang lain tanpa mengecek terlebih dahulu kebenaran dari informasi tersebut.

Hmm… sungguh berbahaya informasi ini jika kita tidak hati-hati, mungkin karena alasan tersebut seorang di facebook membuatkan kita video pengingat yang dimaksudkan agar kita semua bisa berhati-hati terhadap suatu informasi. Kita harus mencerna, mentelaah, memastikan suatu informasi tersebut benar atau tidak, sekalipun informasi tersebut benar kita tetap masih harus berfikir apakah kebenaran tersebut layak untuk disebarkan atau tidak? ada yang tersakiti atau tidak? Semua tervisualisasi di video berikut ini.

URL Video: https://www.youtube.com/watch?v=n-jRnoibmZs

Terima kasih untuk Andini Pratiwi yang telah mengupload video ini, semoga menjadi keberkahan karena telah mengingatkan kita semua tentang pentingnya mengolah informasi.

(mr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru