Monday, December 06, 2021
Home > Berita > COVID-19: AS, Spanyol, Inggris Laporkan Jumlah Kematian Tertinggi, Indonesia Pertimbangkan Libur Nasional Baru

COVID-19: AS, Spanyol, Inggris Laporkan Jumlah Kematian Tertinggi, Indonesia Pertimbangkan Libur Nasional Baru

Jumlah orang yang sekarang didiagnosis terpapar coronavirus mencapai satu juta, membuat tekanan besar pada layanan kesehatan di seluruh dunia. Gambar menunjukan tim medis saat menangani pasien. (Foto: Pool via Reuters/Al Jazeera)

Jumlah orang yang sekarang didiagnosis terpapar coronavirus mencapai satu juta, membuat tekanan besar pada layanan kesehatan di seluruh dunia. Gambar menunjukan tim medis saat menangani pasien. (Foto: Pool via Reuters/Al Jazeera)

mimbar-rakyat.com (Jakarta) – Spanyol, Inggris, dan Amerika Serikat (AS) semuanya telah melaporkan jumlah kematian tertinggi (dalam satu hari) sejak munculnya pandemi coronavirus. Menurut data yang dikumpulkan oleh Universitas Johns Hopkins.  AS mencatat 884 kematian akibat virus korona. Juga telah mengkonfirmasi lebih dari 213.000 kasus.

Sementara Presiden Indonesia Joko Widodo mengatakan pemerintah sedang mempertimbangkan memulai hari libur nasional baru untuk mencegah eksodus massal tahunan yang biasanya terjadi pada akhir bulan puasa. Demikian dilaporkan Kate Mayberry & Joseph Stepansky untuk Al Jazeera, seperti dikutip mimbaar-rakyat.com.

Di Inggris, 563 orang lagi meninggal akibat COVID-19, dan oleh Perdana Menteri Boris Johnson digambarkan sebagai “hari yang menyedihkan dan menyedihkan”. Di Spanyol, tambahan 864 orang meninggal.

Secara global, sekitar 938.000 orang telah didiagnosis terpapar virus, dan sekitar 194.000 telah pulih. Hampir 47.000 orang telah meninggal karena penyakit  yang berasal dari China akhir tahun lalu.

Perkembangan terbaru, Kamis, 2 April:

05:30 GMT -Ringkasan singkat perkembangan pagi ini:
Tampaknya AS akan mengizinkan para penumpang di atas kapal pesiar Zaandam, di mana ada sejumlah kasus virus korona, untuk mendarat di Florida. AS juga berencana untuk mengevakuasi para pelaut dari kapal induk USS Theodore Roosevelt, yang juga melaporkan kasus-kasus virus itu. Saat ini di Guam.

Australia optimis bahwa tindakannya ‘tinggal di rumah’ membantu memperlambat laju infeksi.

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe telah menjadi sasaran olok-olok karena rencananya mengirim dua topeng ke setiap rumah tangga di negara itu.

05:25 GMT – Petugas kesehatan di Filipina tidak hanya melawan virus tetapi juga stigma.
Filipina adalah lokasi wabah koronavirus terburuk kedua di Asia Tenggara, tetapi para dokter dan perawat di garis depan berjuang tidak hanya melawan virus, tetapi juga stigma infeksi.

05:05 GMT – Duta Besar Filipina untuk Libanon meninggal karena COVID-19.
Bernardita Catalla, Duta Besar Filipina untuk Libanon, meninggal karena COVID-19 di rumah sakit Filipina.

05:00 GMT – China mengirim penerbangan ke Inggris untuk membawa siswa pulang.
Sebuah penerbangan carter saat ini sedang dalam perjalanan ke London untuk mengumpulkan sekelompok siswa asal China yang tidak dapat kembali ke rumah.

Pemerintah China mengatakan telah memberikan “paket kesehatan” dengan lebih dari 11 juta masker dan 500.000 produk desinfektan kepada siswa China di negara-negara yang paling terpukul.

04:55 GMT – Korea Selatan mengatakan 158 pengunjung jangka pendek dalam isolasi.
Korea Selatan mengatakan 158 pengunjung jangka pendek telah diisolasi di fasilitas yang ditunjuk sehari setelah mulai memberlakukan karantina dua minggu pada semua orang yang datang dari luar negeri.

Wakil Menteri Kesehatan Kim Gang-lip pada hari Kamis juga mengatakan 224 warga Korea Selatan dan 11 warga asing tetap berada di bandara menunggu hasil tes virus setelah menunjukkan gejala ketika mereka tiba di negara itu pada hari Rabu. Delapan orang asing ditolak masuk setelah mereka menolak untuk menerima karantina.

04:30 GMT – Dii Jerman naik menjadi lebih dari 73.500.
Lembaga Jerman Robert Koch mengatakan jumlah kasus koronavirus yang dikonfirmasi di negara itu telah meningkat menjadi 73.522,  sementara 872 orang telah meninggal karena penyakit itu. Kasus-kasus naik 6.156 dibandingkan dengan hari sebelumnya, sementara jumlah korban naik 140.

04:15 GMT –  Pianis Jazz hebat Ellis Marsalis meninggal karena pneumonia pada usia 85.
Ellis Marsalis Jr, pianis jazz, guru, dan kepala keluarga klan musik New Orleans yang mencakup anak-anak pemain terkenal Wynton dan Branford, telah meninggal setelah berjuang melawan pneumonia yang disebabkan oleh coronavirus. Demikian salah satu putranya mengatakan Rabu malam.

“Pneumonia adalah hal yang sebenarnya yang menyebabkan kematiannya,” kata Ellis Marsalis III kepada Associated Press. “Tapi itu pneumonia yang dibawa oleh COVID-19.” Patriark jazz berusia 85 tahun itu tinggal di New Orleans. Empat dari enam putranya adalah musisi.

04:00 GMT – Abe Jepang diserang atas rencana dua-topeng.
Orang-orang di Jepang telah menanggapi janji Perdana Menteri Shinzo Abe untuk mengirim dua masker wajah yang dapat digunakan kembali ke setiap rumah tangga dengan ejekan.

Hashtag “Abenomasks”, sebuah drama tentang kebijakan ekonomi tanda tangan perdana menteri “Abenomics”, menjadi tren di Twitter.

03:50 GMT – Liburan baru bagi Indonesia untuk menggantikan eksodus Idul Fitri?

Presiden Indonesia Joko Widodo mengatakan pemerintah sedang mempertimbangkan memulai hari libur nasional baru untuk mencegah eksodus massal tahunan yang biasanya terjadi pada akhir bulan puasa.

Widodo mengatakan pada pertemuan kabinet bahwa langkah-langkah dapat dilakukan selama liburan baru untuk membantu “membawa ketenangan bagi rakyat”.

Hampir 90 persen orang Indonesia adalah Muslim dan biasanya kembali ke desa asal mereka di akhir Ramadan, membeli pakaian baru dan menikmati pesta bersama keluarga dan teman-teman mereka. Ramadhan tahun ini jatuh pada bulan April dan Mei.

02:35 GMT – Shenzhen mengumumkan larangan sweeping pada pengembangbiakan dan konsumsi satwa liar.
Kota Shenzhen, Cina selatan, telah mengeluarkan larangan paling banyak untuk pembiakan dan konsumsi hewan liar.

Coronavirus telah ditelusuri ke pasar di Wuhan yang menjual hewan liar seperti trenggiling dan kucing luwak,  juga  ayam dan ikan.

Peraturan Shenzhen secara permanen melarang perdagangan dan konsumsi hewan liar, sebuah langkah di luar larangan sementara yang dikeluarkan oleh pemerintah pusat pada awal wabah saat ini. Bersamaan dengan ular, kadal dan hewan liar lainnya, ia juga melarang konsumsi daging anjing dan kucing.

Mereka yang melanggar hukum berisiko terkena denda yang mencerminkan nilai satwa liar yang disita, mulai dari 150.000 yuan ($ 21.400).

02:30 GMT – Australia mengatakan ini memperlambat penyebaran coronavirus.
Beberapa kabar baik dari Australia, di mana Perdana Menteri Scott Morrison mengatakan negara itu berhasil memperlambat penyebaran virus corona, dan parlemen akan dibuka kembali Rabu depan.

02:10 GMT – Trump mengatakan penumpang kapal pesiar akan dievakuasi di Florida.
Presiden AS Donald Trump mengatakan penumpang di atas kapal pesiar Zaandam akan dievakuasi setelah berlabuh di Florida.

Zaandam sebelumnya berlabuh di Panama, tetapi kementerian kesehatan menolak masuk setelah orang-orang di kapal dilaporkan memperlihatkan gejala COVID-19.  Kapal itu, akibat coronavirus, telah dilarang masuk oleh beberapa negara Amerika Selatan.

Zaandam dan kapal seperusahaan Rotterdam, diperkirakan memasuki perairan AS Kamis pagi dan berlabuh di Fort Lauderdale.

Trump mengatakan AS “mengirim tim medis ke atas kapal” dan membawa orang pergi, dan orang asing dikirim pulang.

02:10 GMT – Korea Selatan mulai berkampanye untuk pemilihan parlemen.
Korea Selatan mulai berkampanye untuk pemilihan parlemen 15 April pada hari Kamis dengan tanggapan pemerintah terhadap wabah koronavirus, dan dampaknya terhadap ekonomi, yang diperkirakan akan menjadi perhatian utama pemilih.

Ada 253 kursi langsung dan 47 kursi proporsional untuk diperebutkan, dengan pemilih dapat memberikan dua suara – satu untuk kandidat dan satu untuk partai politik. Demikian menurut kantor berita Yonhap.

01:55 GMT – Human Rights Watch memperingatkan kekuatan darurat Kamboja.
Human Rights Watch memiliki undang-undang darurat Kamboja yang memungkinkan perdana menteri lama Hun Sen untuk membatasi semua kebebasan sipil dan politik, menargetkan media dan menindak pembela hak asasi manusia.

“Kekuatan menyapu, tidak terdefinisi dan tidak terkendali ini seharusnya memicu peringatan di antara teman-teman dan donor Kamboja,” kata Direktur HRW Asia Brad Adams dalam sebuah pernyataan.

Kelompok itu mendesak Kamboja untuk menyerahkan rancangan baru yang memprioritaskan kesehatan masyarakat dan melindungi hak-hak dasar. RUU ini akan dikirim ke Majelis Nasional satu partai minggu depan.

00:15 GMT – Pelaut akan diambil dari kapal induk pada hari Jumat.
Hampir 3.000 pelaut di atas kapal induk AS dimana koronavirus menyebar akan diambil dari kapal pada hari Jumat, kata para pejabat Angkatan Laut pada hari Rabu.

Penjabat Sekretaris Angkatan Laut Thomas Modly mengatakan,  beberapa kebutuhan tetap ada di USS Theodore Roosevelt untuk melindungi kapal dan menjalankan sistem kritis.

“Kami tidak bisa dan tidak akan mengeluarkan semua pelaut dari kapal,” kata Modly kepada wartawan Pentagon.

Dia mengatakan sekitar 1.000 orang telah mendarat dan jumlah itu akan bertambah setidaknya 2.700 dalam beberapa hari. Kapal sekarang berlabuh di Guam, sejumlah pelaut telah dinyatakan positif terkena virus itu. Setidaknya 100 pelaut terpapar COVID-19

00:00 GMT – Menteri Kesehatan Israel dan istrinya dinyatakan positif mengidap coronavirus.
Menteri Kesehatan Israel Yaakov Litzman dan istrinya telah dites positif untuk virus corona baru, Demikian sumber di kantornya mengatakan Rabu malam.

Pria berusia 71 tahun  itu dan istrinya merasa baik-baik saja, menerima perawatan medis dan akan tetap berada dalam isolasi. Litzman adalah pejabat paling senior Israel yang didiagnosis virus dan akan terus bekerja dari rumah.*** Al Jazeera dan kantor-kantor berita, Google.(edy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru