Tuesday, June 25, 2024
Home > Berita > Cek Rekayasa Lalu Lintas Terkait Acara Istana Berkebaya di Monas Sore Nanti

Cek Rekayasa Lalu Lintas Terkait Acara Istana Berkebaya di Monas Sore Nanti

Barisan perempuan berkebaya dari perkumpulan Pertiwi Indonesia berdiri di sepanjang anak tangga Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Rabu (17/8/2022).

Mimbar-Rakyat.com (Jakarta) – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menginisiasi acara Istana Berkebaya sebagai salah satu rangkaian acara peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia atau HUT ke-78 RI. Acara ini dijadwalkan akan berlangsung di kawasan Monumen Nasional (Monas) pada Minggu (6/8/2023) sore nanti.

Untuk menyukseskan acara tersebut, Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta akan menerapkan rekayasa lalu lintas di sekitar Jalan Medan Merdeka, Jakarta Pusat hingga Silang Monas selama kegiatan Istana Berkebaya berlangsung.

“Kegiatan Istana Berkebaya akan dimulai pukul 15.30 WIB sampai dengan pukul 17.45 di ruas Jalan Medan Merdeka Utara sisi Utara (depan Istana Negara) dengan total tamu undangan sejumlah 30.339 orang,” kata Kadishub DKI Jakarta Syafrin Liputo dalam keterangan resmi, Jumat 4 Agustus 2023 lalu.

Menurut Syafrin, untuk menunjang kegiatan Istana Berkebaya, pihaknya akan memberlakukan rekayasa lalu lintas mulai pukul 14.00 WIB sampai dengan 18.00 WIB.

Adapun rekayasa lalin yang akan diterapkan saat Istana Berkebaya, antara lain sebagai berikut:

Jalan Majapahit dari arah dari Utara menuju Selatan (Blok M) seluruh kendaraan bermotor dilarang melintas kecuali Transjakarta.
Jalan Veteran 1,2,3 dan simpang antara Jalan Medan Merdeka Timur dan Jalan Medan Merdeka Utara di tutup untuk kendaraan bermotor. Transjakarta yang melalui Jalan Veteran 3-Jalan Medan Merdeka Utara sisi Selatan dialihkan melalu Jalan Ir H Juanda- Jalan Majapahit- Jalan Medan Merdeka Barat.

Arus lalu lintas dari Jalan Medan Merdeka Timur (dari arah Selatan) yang akan menuju ke arah Barat melalui Jalan Medan Merdeka Utara dialihkan menuju ke Jalan Perwira-Jalan Katedral-Jalan Veteran-Jalan Ir H Juanda
Arus lalu lintas dari arah Utara (Jalan Hayam Wuruk) yang akan menuju ke arah Selatan (Blok M) dialihkan melalui Jalan Ir H Juanda-Jalan Pos-Jalan Gedung Kesenian Jalan Lapangan Banteng Utara – Jalan Lapangan Banteng Barat-Jalan Taman Penjambon-Jalan Penjambon-Jalan Medan Merdeka Timur.

Arus lalu lintas dari Jalan Tomang Raya dan Jalan Suryopranoto yang akan menuju ke arah Selatan (Blok M) dialihkan melalui Jalan Ir H Juanda-Jalan Pos-Jalan Gedung Kesenian-Jalan Lapangan Banteng Utara Jalan Lapangan Banteng Barat- Jalan Taman Pejambon-Jalan Penjambon-Jalan Medan Merdeka Timur.

Arus lalu lintas dari arah Jalan Ir H Juanda yang akan menuju ke arah Selatan (Blok M) dialihkan melalui Jalan Suryapranoto-Jalan Tomang Raya-Jalan S Parman-Jalan Gatot Subroto.

Arus lalu lintas dari arah Selatan (Blok M) menuju ke arah Utara (Jalan Medan Merdeka Barat-Jalan Majapahit dan seterusnya tetap dapat dilintasi dan berlaku normal.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta juga menyiapkan 46 kantong parkir untuk acara Istana Berkebaya di kawasan Monas.

“Terdapat 46 titik lokasi parkir untuk menunjang kegiatan Istana Berkebaya di tempat acara dengan satuan ruang parkir (SRP) sebanyak 6.019 untuk mobil, 7.334 untuk motor dan 261 untuk bus,” ujar Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo, di Jakarta, seperti dilansir Antara, Sabtu (5/8/2023).

Istana Berkebaya dimulai pada pukul 15.30 WIB sampai dengan 17.45 WIB. Pada acara ini, turut diundang 30.339 orang tamu undangan.

Rekayasa Lalu LintasDinas Perhubungan DKI Jakarta memberlakukan rekayasa lalu lintas di sekitar Istana Negara mulai pukul pukul 14.00 WIB, sampai dengan pukul 18.00 WIB.

Syafrin mengimbau untuk masyarakat yang akan menggunakan kereta api jarak jauh menuju Stasiun Gambir agar dapat menyesuaikan waktu perjalanannya.

Kantong parkir untuk menunjang acara Istana Berkebaya di antaranya IRTI Monas, Silang Monas Barat Daya / Patung Kuda, Silang Monas Tenggara / Stasiun Gambir, Silang Monas Timur Laut / Pertamina.

Kemudian Stasiun Gambir, Lemhanas, Perpustakaan Nasional, Kantor STO Gambir, Kementerian BUMN, Kantor Danareksa, Wisma Antara, Kantor Indosat, Kementerian Pariwisata, Kemenko Polhukam, Kementerian Pertahanan, Museum Nasional Indonesia.

Selanjutnya Kemenkominfo, Kemenhub, Kantor RRI, Kemenko PMK, Kantor PT Berdikari, D’cost Resto, Indomaret,Jalan Tanah Abang I, Gedung KONI, Showroom Kawasaki, Kantor PT Sarana Majukan Ekonomi, Kantor Fajar Paper, Kantor Elektrolux, Kantor DPP Perindo, Wisma BSG.

Gedung Kantor PT Indolexco, Ruko Jalan Tanah Abang II, Terminal Parkir Elektronik Jalan Juanda Raya, Masjid Istiqlal,Gereja Katedral, Kantor Pos, Lapangan Banteng Sisi Selatan, Lapangan Banteng Sisi Timur, Kementerian Keuangan, Hotel Borobudur, Kementerian Agama,Kantor Pusat Pertamina, Badan Penelitian Perhubungan, Gedung Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Wisma Mandiri. (ds/sumber Liputan6.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru