Saturday, November 27, 2021
Home > Berita > Badan PBB Adopsi Resolusi Anti-Israel di Masjid al-Aqsa

Badan PBB Adopsi Resolusi Anti-Israel di Masjid al-Aqsa

Aparat Israel ketika bentrok dengan warga Palestina di al-Aqsa. (Foto: Al Jazeera)

Aparat Israel ketika bentrok dengan warga Palestina di al-Aqsa. (Foto: Al Jazeera)

MIMBAR-RAKYAT.com (Yerusalem) – Palestina menyambut baik keputusan lembaga budaya PBB, UNESCO, yang mengadopsi resolusi tentang Yerusalem Timur, yakni mengkritik keras kebijakan Israel di sekitar kompleks Masjid al-Aqsa.

Salah seeorang juru bicara UNESCO yang berbasis di Paris mengatakan, Selasa (18/10), resolusi yang menyebabkan Israel menangguhkan kerjasama dengan lembaga tersebut, diadopsi secara penuh, setelah resolusi itu disetujui pekan lalu.

April lalu UNESCO juga mengesahkan resolusi mengutuk “agresi Israel dan langkah-langkah ilegal terhadap kebebasan beribadah dan akses Muslim ke Masjid al-Aqsa”.

Masjid Al-Aqsa adalah tempat ketiga paling suci dalam Islam. SementaraYahudi merujuk ke tempat suci itu sebagai Temple Mount.

Wakil Duta Besar Palestina untuk UNESCO, Mounir Anastas, kepada wartawan mengatakan, resolusi mengingatkan Israel bahwa mereka adalah penguasa pendudukan di Yerusalem Timur dan meminta mereka untuk menghentikan semua pelanggaran di sana, termasuk penggalian arkeologi di sekitar tempat keagamaan.

Menurut laporan, Al Jazeera, resolusi UNESCO juga mengutuk Israel yang membatasi akses Muslim ke al-Aqsa dan agresi oleh polisi dan tentara Israel..

Resolusi disampaikan oleh Aljazair, Mesir, Lebanon, Maroko, Oman, Qatar dan Sudan, yang disahkan dengan 24 suara mendukung, enam menolak, dan 26 abstain.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Kamis pekan lalu, UNESCO telah kehilangan legitimasinya dengan mengadopsi resolusi ini.***(janet)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru