Tuesday, September 22, 2020
Home > Berita > Akibat Kenaikan Tajam Wisatawan, Teluk Maya Ditutup untuk Pengunjung

Akibat Kenaikan Tajam Wisatawan, Teluk Maya Ditutup untuk Pengunjung

Teluk Maya Bay penuh sesak dengan turis pada bulan April 2018. Pantai itu kini kosong, setelah diberlakukan larangan bagi pengunjung. (Foto: Getty Images/BBBC News)

Teluk Maya Bay penuh sesak dengan turis pada bulan April 2018. Pantai itu kini kosong, setelah diberlakukan larangan bagi pengunjung. (Foto: Getty Images/BBBC News)

mimbar-rakyat.com (Bangkok) – Teluk Thailand yang dijadikan ikon di film The Beach akan tetap ditutup hingga 2021. Teluk di pulau Phi Phi Leh itu ditutup sejak tahun lalu dengan alasan kenaikan tajam wisatawan telah merusak lingkungan di tempat itu.

Sebelum ditutup, hingga 5.000 orang mengunjungi teluk setiap hari dan mengakibatkan sebagian besar koralinya mati. Demikian dilaporkan BBC News.

Pihak berwenang kini telah memperpanjang larangan pengunjung selama dua tahun untuk memberikan lebih banyak waktu bagi ekologi Maya Bay untuk pulih.

Pantai ini tampil menonjol dalam film tahun 2000 dengan nama The Beach dan  dibintangi oleh Leonardo DiCaprio.

Sejak teluk ditutup tahun lalu, hiu blacktip reef telah terlihat berenang di perairan teluk.

Prof Thon Thamrongnawasawat, yang memberi nasihat kepada departemen taman nasional Thailand, mengatakan kepada BBC Januari lalu bahwa jika taman itu dibuka kembali jumlah pengunjung akan dibatasi dan kapal akan dilarang berlabuh di perairan teluk.

Operator pariwisata setempat mengatakan mereka mengandalkan pantai. Kepala asosiasi pariwisata setempat, Wattana Rerngsamut, mengatakan kepada AFP bahwa harus ada audiensi publik “sehingga masyarakat lokal dapat mencari nafkah”.***(janet)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru