Wednesday, May 29, 2024
Home > Berita > Verstappen menangi GP Spanyol untuk lanjutkan dominasi Red Bull

Verstappen menangi GP Spanyol untuk lanjutkan dominasi Red Bull

Max Verstappen. (marca)

Mimbar-Rakyat.com (Jakarta) – Max Verstappen meneruskan dominasi Red Bull pada musim ini setelah memenangi Grand Prix Spanyol dari pole position, Minggu.

Pebalap Belanda itu merebut poin maksimal dengan juga mencetak lap tercepat pada balapan di Sirkuit Barcelona-Catalunya itu demi memperlebar jaraknya sebagai pemuncak klasemen menjadi 53 poin dari rival terdekatnya.

Itu merupakan kemenangan kelima Verstappen musim ini, dan ketiga kalinya secara beruntun bagi sang juara dunia dua kali.

Juara dunia tujuh kali Lewis Hamilton finis runner-up untuk kedua kalinya setelah P2 di Australia tahun ini, namun cukup jauh tertinggal hingga 24 detik di belakang mobil Red Bull Verstappen yang begitu dominan.

Russell melengkapi selebrasi podium untuk Mercedes di P3, demikian laman resmi F1.

“Suatu kehormatan bisa mengendarai mobil seperti ini. Kemenangan di sini luar biasa. Akhir pekan yang kuat bagi saya dan bagi tim. Semoga kami bisa terus seperti ini,” kata Verstappen.

Perez, rekan satu tim sekaligus pesaing terdekat Verstappen di klasemen, bangkit dari hasil kualifikasi yang buruk dengan finis P4 setelah start dari P11.

Menyapu bersih tujuh kemenangan balapan, Red Bull kokoh di puncak klasemen konstruktor dengan 287 poin, diikuti oleh Mercedes dengan 152 poin dan Aston Martin dengan 134 poin.

Sebagai runner-up, Hamilton cukup puas dengan upgrade yang dibawa Mercedes sejak di Monako yang membantunya meningkatkan performa W14.

Meski demikian, ia mengakui Red Bull masih terlampau jauh untuk dikejar.

“Saya angkat topi untuk tim saya yang telah bekerja keras di pabrikan, yang terus mendorong,” kata Hamilton.

“Red Bull masih sedikit unggul, tapi kami akan terus mengejar mereka. Mereka masih terlalu cepat saat ini, tapi selangkah demi selangkah,” kata dia.

Carlos Sainz tak dapat mempertahankan kecepatan mobil Ferrarinya dan melorot ke posisi finis kelima di depan duet Aston Martin, Lance Stroll dan Fernando Alonso yang tak bisa berbuat banyak di Catalunya.

Alpine finis dengan poin ganda setelah Esteban Ocon dan Pierre Gasly finis P8 dan P10, mengapit pebalap Alfa Romeo Zhou Guanyu.

Menyusul performa buruk di kualifikasi dan start dari P19, Charles Leclerc berupaya keras menjalani balapan dari belakang grid namun tak memiliki cukup waktu untuk menyalip Gasly demi masuk ke zona poin. Sang pebalap Ferrari harus puas finis P11.

Sirkus F1 akan dilanjutkan ke Kanada pada dua pekan mendatang.  (him)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru